PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH AUGMENTED REALITY MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DARI ANCAMAN SEKUTU DI SMK NEGERI 1 BAWANG TAHUN 2019/2020
Tifani Safira, 3101416007 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH AUGMENTED REALITY MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DARI ANCAMAN SEKUTU DI SMK NEGERI 1 BAWANG TAHUN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH AUGMENTED REALITY MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DARI ANCAMAN SEKUTU DI SMK NEGERI 1 BAWANG TAHUN 2019/2020)
- Submitted Version
Download (964kB) | Preview |
Abstract
Safira, Tifani. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Augmented Reality Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Dari Ancaman Sekutu Di SMK Negeri 1 Bawang Tahun 2019/2020. Skripsi. Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : Dr. Cahyo Budi Utomo., M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, media pembelajaran, Augmented Reality. Studi awal yang dilakukan di SMK Negeri 1 Bawang menunjukan bahwa dalam penggunaan media pembelajaran masih sebatas Power Point dan terkadang film yang didapat dari Internet, sumber belajar juga hanya berasal dari buku paket dan internet serta tidak semua materi dalam Kompetensi Dasar diberikan karena keterbatasan sumber dan jam belajar. Oleh sebab itu diperlukanlah media untuk mengatasi keterbatasan tersebut, media yang di sukai oleh siswa berupa media yang dapat memvisualkan materi, oleh sebab itu peneliti tertarik untuk mengembangkan media Augmented Reality. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kondisi awal pembelajaan sebelum dikembangkannya media Augmented Reality (2) mengetahui bahaimana pengembangan media Augmented Reality (3) mengetahui kelayakan dari media Augmented Reality. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima tahapan yaitu : (1)Prelimenary investigation, (2) Design, (3)Realization, (4)Tes, Evaluatio and Revision, (5)Implementation. Hasil dari penelitian ini adalah (1) media yang digunakan guru berupa power point dan video yang masih dominan, dengan berbagai macam kesibukan dari guru maka pembelajaran sering dilakukan dengan cara belajar mandiri. Sumber yang digunakan berupa buku dari pemerintah dan Lembar Kerja Siswa (2) Pengembangan media Augmented Reality menggunakan software Unity 2017. Kemudian dilakukan validasi sebanyak dua kali untuk materi, dan dua kali untuk media, dan dua kali untuk ahli pembelajaran. (3) kelayakan dari media Augmented Reality berdasarkan pada tahap pertama 86,1 %, tahap kedua 95,8%. validasi dari siswa mendapat presentase 84,92%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality layak digunakan sebagai media pembelajaran karena telah mendapat validasi dari para ahli, namun dalam penerapaannya pada siswa media ini akan lebih ideal jika dilakukan secara secara Blanded, dibandingkan secara luring. Penelitin ini disarankan untuk : (1) menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya guna menyempurnakan media Augmented Reality yang lebih baik, (2) dapat menjadi acuan pengembangan media dengan materi lain yang lebih bervariasi, (3)Bagi guru semoga penelitian ini dapat menjadi acuan dalam pengembangan media yang lainnya sehinga guru memiliki kemampuan yang sesuai dengan perkembangan zaman.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, media pembelajaran, Augmented Reality. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials L Education > Special Education > History Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 08 Jan 2021 05:20 |
Last Modified: | 08 Jan 2021 05:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42777 |
Actions (login required)
View Item |