PERSEPSI SISWA SMA NEGERI 1 KRAMAT TENTANG SITUS PURBAKALA SEMEDO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Kartika Suci Dewi, 3101416001 (2020) PERSEPSI SISWA SMA NEGERI 1 KRAMAT TENTANG SITUS PURBAKALA SEMEDO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSI SISWA SMA NEGERI 1 KRAMAT TENTANG SITUS PURBAKALA SEMEDO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020]
Preview
PDF (PERSEPSI SISWA SMA NEGERI 1 KRAMAT TENTANG SITUS PURBAKALA SEMEDO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020) - Submitted Version
Download (452kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Dewi, Kartika Suci. 2020. Persepsi Siswa SMA Negeri 1 Kramat tentang Situs Purbakala Semedo dalam Pembelajaran Sejarah Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. R. Suharso, M.Pd. Kata Kunci : Persepsi, Situs Purbakala Semedo, Pembelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Kramat telah menggunakan Situs Purbakala Semedo sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah. Pembelajaran secara langsung di lapangan membuat siswa harus melakukan pengamatan. Pengamatan langsung oleh panca indera akan membentuk persepsi pada diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan implementasi pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan Situs Purbakala Semedo sebagai sumber belajar; (2) menganalisis persepsi siswa tentang Situs Purbakala Semedo dalam pembelajaran sejarah; (3) mendeskripsikan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran di Situs Purbakala Semedo yang mempengaruhi persepsi siswa SMA Negeri 1 Kramat. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu (1) penggunaan Situs Purbakala Semedo sebagai sumber belajar; (2) persepsi siswa tentang Situs Purbakala Semedo dalam pembelajaran sejarah; (3) hambatan dalam pembelajaran sejarah di Situs Purbakala Semedo yang mempengaruhi persepsi siwa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan studi dokumen. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber. Adapun model analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan Situs Purbakala Semedo sebagai sumber belajar berjalan dengan baik, siswa lebih tertarik dan antusias dalam belajar. (2) siswa memiliki persepsi yang baik terhadap keberadaan Situs Purbakala Semedo. Mereka menyadari bahwa Situs Semedo harus dilestarikan karena memberikan pengaruh yang positif dibidang pendidikan dan ekonomi. (3) Pusat Informasi Situs yang kurang luas mengakibatkan siswa kurang leluasa dalam mempelajari koleksi. Hal ini mempengaruhi persepsi siswa dalam belajar. Tempat yang kurang luas membuat koleksi tidak dapat terpajang semua. Akibatnya siswa hanya mengenal koleksi yang terpajang saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Situs Purbakala Semedo, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 08 Jan 2021 05:08
Last Modified: 08 Jan 2021 05:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42775

Actions (login required)

View Item View Item