PENGEMBANGAN MEDIA DENTA BRAILLE DALAM PENGENALAN AKSARA JAWA UNTUK TUNANETRA MILB BUDI ASIH SEMARANG


Ayunda Dea Sanandita, 2601416058 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA DENTA BRAILLE DALAM PENGENALAN AKSARA JAWA UNTUK TUNANETRA MILB BUDI ASIH SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA DENTA BRAILLE DALAM PENGENALAN AKSARA JAWA UNTUK TUNANETRA  MILB BUDI ASIH SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA DENTA BRAILLE DALAM PENGENALAN AKSARA JAWA UNTUK TUNANETRA MILB BUDI ASIH SEMARANG) - Submitted Version
Download (759kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sanandita, Ayunda Dea. 2020. Pengembangan Media Denta Braille Dalam Pengenalan Aksara Jawa Untuk Tunanetra MILB Budi Asih Semarang. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Mujimin, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci: Aksara Jawa, Tunanetra, Denta Braille Aksara Jawa menjadi salah satu warisan budaya Jawa yang perlu dilestarikan oleh seluruh masyarakat tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus. Dalam upaya pelestarian budaya ini, pemerintah kemudian memasukan pembelajaran aksara Jawa dalam pembelajaran Bahasa Jawa khususnya di wilayah Jawa Tengah. Akan tetapi, sejauh ini pengenalan aksara Jawa untuk anak berkebutuhan khusus kurang diperhatikan khususnya pada kelas tunanetra. Belum adanya inovasi media pembelajaran yang mendukung menjadi penyebab utama terhambatnya pengenalan aksara Jawa untuk siswa tunanetra. Oleh sebab itu, pada penelitian yang dilakukan di MILB Budi Asih Semarang ini peneliti membuat pengembangan media pembelajaran aksara Jawa untuk tunanetra yang dinamakan Denta Braille. Media ini merupakan perpaduan antara aksara Jawa dengan huruf braille sehingga dapat memudahkan siswa tunanetra dalam mengenal aksara Jawa sesuai dengan bentuk aslinya. Permasalahan yang ditemukan pada subjek penelitian adalah selama ini siswa tunanetra hanya mengenal bunyi aksara Jawa tanpa mengetahui bentuk aslinya, oleh karena itu perlu adanya pengembangan media pengenalan aksara Jawa untuk tunanetra sehingga siswa tunanetra dapat mengenal dua puluh huruf dasar aksara Jawa sesuai dengan bentuk aslinya dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Plom dengan beberapa tahapan seperti, (1) investigasi masalah, (2) Desain, (3) Realisasi Desain, (4) Uji Validasi, Evaluasi, Revisi, dan (5) Implementasi. Berdasarkan hasil uji validasi dari segi ahli materi yang telah dilakukan, kelayakan media Denta Braille mencapai presentase 92% atau dinyatakan “Sangat Valid” begitu pula hasil uji validasi dari segi media menyatakan bahwa presentase kelayakan media ini mencapai 93,3% atau “Sangat Valid”. Dengan begitu media Denta Braille dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran aksara Jawa untuk tunanetra. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi pengenalan aksara Jawa kepada siswa tunanetra sehingga kompetensi yang diharapkan dapat tercapai. Bagi peneliti lain, disarankan untuk melakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut untuk menyempurnakan produk ini dengan menguji keefektifannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aksara Jawa, Tunanetra, Denta Braille
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > Disability
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > Disability
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 08 Jan 2021 04:48
Last Modified: 08 Jan 2021 04:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42772

Actions (login required)

View Item View Item