PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MEMAHAMI SISTEM HIDROLIK ALAT BERAT BAGI SISWA SMK N 1 SEMARANG


Rikza Septian Hidayatuloh, 5202415020 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MEMAHAMI SISTEM HIDROLIK ALAT BERAT BAGI SISWA SMK N 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202415020.pdf]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media yang sesuai dapat menarik minat siswa untuk belajar. Guru masih menggunakan power point dalam menyampaikan materi kompetensi memahami sistem hidrolik, dan belum mengembangkan media lain dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan E-Modul, tingkat kontribusi penggunaan E-Modul, dan tanggapan siswa terhadap E-Modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design (non design) dengan model eksperimen one group pretest posttest design. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, uji n-gain, analisis kelayakan produk, dan analisis tanggapan siswa. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa E-Modul Sistem Hidrolik. Berdasarkan analisis uji normalitas hasilnya yaitu 3,68 untuk pretest dan 8,49 untuk posttest dengan kesimpulan data berdistribusi normal. Hasil hitung uji homogenitas yaitu 1,59 dengan kesimpulan data homogen. hasil uji kelayakan produk diperoleh persentase 76,25% untuk ahli media dan 88,33% untuk ahli materi, sehingga E-Modul yang dikembangkan memenuhi kategori layak. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata pretest-posttest sebesar 41,9. Uji-t menunjukkan nilai ????ℎ????????????????????= 17,1 > ????????????????????????= 2,050. Peningkatan hasil uji kompetensi siswa diperoleh rata-rata uji N-Gain= 0,78 dengan kriteria peningkatan tinggi. Analisis tanggapan siswa terhadap E-Modul diperoleh sebesar 88,28% termasuk kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Kompetensi, Media, Hidrolik
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 08 Jan 2021 04:35
Last Modified: 08 Jan 2021 04:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42769

Actions (login required)

View Item View Item