PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN DAN E-JOBSHEET SISTEM PENERANGAN MOBIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN


Syaiful Huda, 5202414077 (2020) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN DAN E-JOBSHEET SISTEM PENERANGAN MOBIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202414077.pdf]
Preview
PDF
Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan melihat peningkatan hasil belajar peserta didik serta tanggapan siswa setelah menggunakan media pembelajaran e-modul dan e-jobsheet sistem penerangan mobil. Penelitian ini menggunakan One grup pretest-postets design, peserta didik akan dilakukan pembelajaran secara inkuiri terbimbing dan tingkat pemahaman peserta didik akan diukur untuk mengetahui kemampuannya sebelum (pretest) dan setelah (postest) diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan angket, penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI TKR 3 dan 4 SMK Negeri 1 Semarang. Subyek untuk menilai kelayakan ahli media e-modul dan e-jobsheet dari tenaga pengajar Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Semarang dan Balai Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan, sedangkan ahli materi dari tenaga pendidik SMK Negeri 1 Semarang. Hasil penilaian kelayakan e-modul dan e-jobsheet dari ahli media sebesar 89% dan dinyatakan sangat layak, penilaian dari ahli materi sebesar 81% dinyatakan sangat layak. Hasil nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 44,68 dan hasil nilai rata-rata posttest sebesar 70,56. Bedasarkan uji t diketahui bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan e-modul pembelajaran dan e-jobsheet dengan hasil t hitung sebesar 14,337 dan t tabel sebesar 2.04. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan setelah menggunakan e-modul pembelajaran dan e-jobsheet sistem penerangan mobil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-modul, e-jobsheet, sistem penerangan, hasil belajar
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 08 Jan 2021 04:01
Last Modified: 08 Jan 2021 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42764

Actions (login required)

View Item View Item