CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM MATA KULIAH 中级汉语听说下 (zhōngjí hànyǔ tīng shuō xià)


Maghfirany Iskandar : Maghfirany Iskandar, 2404416027 (2020) CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM MATA KULIAH 中级汉语听说下 (zhōngjí hànyǔ tīng shuō xià). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM MATA KULIAH 中级汉语听说下 (zhōngjí hànyǔ tīng shuō xià)]
Preview
PDF (CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM MATA KULIAH 中级汉语听说下 (zhōngjí hànyǔ tīng shuō xià)) - Submitted Version
Download (533kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Iskandar, Maghfirany. 2020. Campur kode dan Alih kode dalam mata kuliah 中级汉语听说下(zhōngjí hànyǔ tīng shuō xià) Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Anggraeni, S.T , MTSCOL. Kata kunci : Pembelajaran daring, campur kode, alih kode, wujud, faktor penyebab Menyebarnya wabah penyakit Covid-19 di Indonesia membuat semua kegiatan dilakukan dari rumah termasuk proses belajar mengajar. Baik sekolah maupun Perguruan Tinggi tetap melakukan kegiatan belajar mengajar tetapi dilakukan di dalam jaringan (daring). Mata kuliah 中级汉语听说下diampu oleh Dosen Native Speaker yang juga bisa berbahasa Indonesia. Hal ini menyebabkan Dosen dan Mahasiswa sering menggunakan bahasa Indonesia ketika perkuliahan berlangsung Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis wujud campur kode dan alih kode serta menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya campur kode dan alih kode pembelajaran daring pada mata kuliah 中级汉语听说下. Penelitian ini menggunakan metodelogi kualitatif yang bersifat deskriptif, subjek penelitian ini adalah percakapan antara Dosen dan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2018. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat 12 data campur kode dan 5 data alih kode. Wujud campur kode yang terdapat dalam penelitian ini berupa kata, frasa, perulangan kata, dan klausa. Sedangkan wujud alih kode berupa alih kode intern dan alih kode ekstern. Faktor yang menyebabkan terjadinya campur kode adalah faktor penutur dan faktor peran. Selain itu faktor penyebab terjadinya alih kode adalah faktor penutur, lawan bicara, dan perubahan dari formal ke informal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, campur kode, alih kode, wujud, faktor penyebab
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 08 Jan 2021 03:59
Last Modified: 08 Jan 2021 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42763

Actions (login required)

View Item View Item