PENGARUH PENGGUNAAN JOB SHEET BERBASIS DEMONSTRASI TERHADAP HASIL MENGASAH PAHAT BUBUT RATA KANAN DAN HASIL PEMBUBUTAN RATA


Rahmat Apriyanto, 5201416062 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN JOB SHEET BERBASIS DEMONSTRASI TERHADAP HASIL MENGASAH PAHAT BUBUT RATA KANAN DAN HASIL PEMBUBUTAN RATA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201416062.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan job sheet berbasis demonstrasi terhadap hasil mengasah pahat bubut rata kanan dan hasil pembubutan rata serta mengetahui hubungan antara hasil mengsah pahat bubut rata kanan dan hasil pembbutan rata. Penelitian ini menggunakan metode quasy eksperimental desain dengan desain penelitian Pretest – Postest control grup design dengan subyek penelitian mahasiswa pendidikan teknik mesin universitas negeri semarang yang menempuh mata kuliah praktik pemesinan bubut 1 berjumlah 40 mahasiswa kemudian pengambilan sampel menggunakan teknik sampling yang berupa Cluster Sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes hasil mengasah pahat dan tes hasil pembubutan kemudian data dianalisis menggunakan uji hipotesis yakni uji T berupa independen simple T-Test dan pearson corelation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan job sheet berbasis demonstrasi memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan hasil belajar praktikum pemesinan bubut 1. Hasil uji hipotesis posttest menunjukan nilai t hitung mengasah pahat bubut rata kanan sebesar 3,815 dan untuk pembubutan rata sebesar 2,217 sehingga lebih besar dari ttabel (1,686) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan job sheet berbasis demostrasi memiliki pengaruh yang signifikan. Peningkatan hasil praktik pada kelas ekperimen untuk kompetensi mengasah pahat bubut rata kanan meningkat sebesar 46,67% dan untuk kompetensi membubut rata sebesar 12,93%. Hasil mengsah pahat bubut rata kanan dan hasil pembubutan rata memiliki hubungan positif sebesar 0,282 atau dikategorikan memiliki hubungan yang rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Job sheet, Demonstrasi, Pahat bubut rata kanan, Pembubutan rata
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 08 Jan 2021 03:55
Last Modified: 08 Jan 2021 03:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42762

Actions (login required)

View Item View Item