ANALISIS PERBANDINGAN BOK (BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN) ANTARA BRT (BUS RAPID TRANSIT) PENGGUNA BAHAN BAKAR MINYAK SOLAR DENGAN BAHAN BAKAR GAS (Studi Kasus: BRT (Bus Rapid Transit) Semarang koridor VI Unnes Sekaran – Undip Tembalang)


Fahmi Syahida, 5113416055 (2020) ANALISIS PERBANDINGAN BOK (BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN) ANTARA BRT (BUS RAPID TRANSIT) PENGGUNA BAHAN BAKAR MINYAK SOLAR DENGAN BAHAN BAKAR GAS (Studi Kasus: BRT (Bus Rapid Transit) Semarang koridor VI Unnes Sekaran – Undip Tembalang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5113416055.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian analisis perbandingan Biaya Operasional Kendaraan BRT Trans Semarang koridor VI meliputi analisis perbandingan dengan komponen pembanding nilai BOK bahan bakar solar dan gas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pemakaian bahan bakar antara solar dan gas serta untuk menghitung perbandingan yang di pengaruhi oleh perbedaan bahan bakar yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan berupa deskriptif analitis yaitu penelitian yang bukan bersifat eksperimen namun dimaksudkan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan yang berhubungan dengan penelitian untuk kemudian dianalisis. Pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka, wawancara pihak Dinas Perhubungan Kota Semarang, observasi lapangan dan dokumentasi survei. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perbandingan harga BRT berbahan bakar solar dan BRT berbahan bakar gas, yaitu Biaya Operasional Kendaraan bahan bakar Gas sebesar Rp. 4.164,43 Rupiah/Km, dan Biaya Operasional Kendaraan bahan bakar Solar sebesar Rp. 5.675,00 Rupiah/Km, data tersebut menunjukkan bahwa nilai BOK Gas lebih kecil dibanding nilai BOK Solar, sehingga berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa menggunakan bahan bakar Gas lebih efektif dibanding menggunakan bahan bakar solar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: BOK, Bahan Bakar, BRT
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 08 Jan 2021 03:04
Last Modified: 08 Jan 2021 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42759

Actions (login required)

View Item View Item