IMPLEMENTASI SIKAP MANDIRI DAN JUJUR PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP ISLAM AL MADINA SEMARANG


Fines Aji Prasetyo Ayu, 3601414047 (2020) IMPLEMENTASI SIKAP MANDIRI DAN JUJUR PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP ISLAM AL MADINA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI SIKAP MANDIRI DAN JUJUR PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP ISLAM AL MADINA SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI SIKAP MANDIRI DAN JUJUR PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP ISLAM AL MADINA SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penumbuhan karakter mandiri dan jujur pada pembelajaran IPS merupakan hal yang sangat penting untuk membiasakan siswa bersikap mandiri dan jujur dalam proses pembelajaran di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis (1) penerapan model implementasi sikap mandiri dan jujur dalam pembelajaran IPS di SMP AL Madina; dan (2) hasil implementasi sikap mandiri dan jujur melalui pembelajaran IPS di SMP AL Madina. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian meliputi sumber data primer dan sekunder. Alat dan teknik pengumpulan data berupa wawancara (Kepala Sekolah, Wakakurikulum, guru IPS dan siswa), observasi dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan dianalisis secara kualitatif yang meliputi pengumpulan data; reduksi data; penyajian data; dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model implementasi sikap mandiri dan jujur dalam pembelajaran IPS mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dalam implementasi sikap mandiri dan jujur dilakukan oleh guru IPS yaitu dengan menyusun dan mempersiapkan silabus, RPP yang disisipkan nilai-nilai karakter mandiri dan jujur. Pelaksanan implementasi sikap mandiri dan jujur dilakukan dengan mengintegrasikan ke dalam mata pelajaran IPS dalam pembiasaan, keteladanan dan spontanitas menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Evaluasi dilakukan secara barkesinambungan melalui pengamatan sikap siswa pada saat pembelajaran, ulangan harian/semesteran. (2) Hasil implementasi sikap mandiri siswa yaitu rata-rata siswa SMP Islam Al Madina memiliki sikap mandiri dalam kategori baik yaitu sebanyak 15 (50%) siswa, dan implementasi sikap jujur siswa memiliki hasil yaitu rata-rata siswa memiliki sikap jujur dalam kategori cukup tinggi sebanyak 21 (70%) siswa. Simpulan penelitian yaitu SMP Islam Al Madina sudah menerapkan model implementasi sikap mandiri dan jujur dalam pembelajaran IPS namun hasilnya masih belum optimal. Saran penelitian yaitu guru IPS perlu meningkatkan kembali pembentukan sikap mandiri dan jujur pada pembelajara IPS dalam model pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Sikap, Mandiri, Jujur dan Pembelajaran IPS
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 Jan 2021 02:35
Last Modified: 08 Jan 2021 02:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42754

Actions (login required)

View Item View Item