KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO ECOBRICK BERBASIS JARINGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/SMK


Siti Zummaroh, 2101416084 (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO ECOBRICK BERBASIS JARINGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO ECOBRICK BERBASIS JARINGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/SMK]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO ECOBRICK BERBASIS JARINGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/SMK) - Submitted Version
Download (788kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Zummaroh, Siti. (2020). “Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media Video Ecobrick Berbasis Jaringan pada Peserta Didik Kelas XI SMA/SMK”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Septina Sulistyaningrum, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: pembelajaran menulis teks prosedur; model Problem Based Learning (PBL); model Project Based Learning (PjBL); media video ecobrick; dan berbasis jaringan. Pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 edisi revisi 2016 merupakan pembelajaran berbasis teks, hal tersebut ditujukan supaya peserta didik dapat memproduksi dan menggunakan teks sesuai dengan tujuan dan fungsi sosialnya. Menulis teks prosedur diajarkan pada peserta didik kelas XI SMA/SMK. Keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari hasil dan proses pembelajaran. Untuk mendukung proses pembelajaran daring yang efektif, diperlukan sebuah model pembelajaran yang efektif dan inovatif. Adanya penerapan model pembelajaran, diharapkan pendidik dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif dan lebih bervariasi supaya peserta didik termotivasi untuk mengikuti pembelajaran secara daring. Oleh karena itu, dilakukan uji coba untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media video ecobrick berbasis jaringan pada peserta didik kelas XI SMA/SMK. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah keefektifan pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video ecobrick berbasis jaringan pada peserta didik kelas XI SMA/SMK, (2) bagaimana keefektifan pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media video ecobrick berbasis jaringan pada peserta didik kelas XI SMA/SMK, (3) manakah model pembelajaran yang lebih efektif antara model Problem Based Learning (PBL) dan model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran menulis teks prosedur berbantuan media video ecobrick berbasis jaringan pada peserta didik kelas XI SMA/SMK. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design (eksperimen semu). Bentuk quasi eksperimental design dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Semarang dengan sampel kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 yang mendapatkan perlakuan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 yang mendapatkan perlakuan model Project Based Learning (PjBL). Hasil penelitian menunjukkan (1) model Problem Based Learning (PBL) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks prosedur berbantuan media video ecobrick berbasis jaringan pada peserta didik kelas XI SMA/SMK. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel = 42,469>1,699 dan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2) model Project Based Learning (PjBL) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks prosedur berbantuan media video ecobrick berbasis jaringan pada peserta didik kelas XI SMA/SMK. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel, 38,190 > 1,699 dan sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) model Project Based Learning (PjBL) lebih efektif digunakan dibandingkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran menulis teks prosedur berbantuan media video ecobrick berbasis jaringan pada peserta didik kelas XI SMA/SMK. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji-t independent sample t test yang digunakan untuk mengetahui hasil perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa N = 30, df = 58 dengan nilai t hitung > t tabel= 2,444> 1,671 dan nilai sig. (2-tailed) 0,018 < 0,05. Dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan pendidik mata pelajaran bahasa Indonesia memberikan alternatif model pembelajaran yang inovatif, salah satunya menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran menulis teks prosedur berbantuan media video ecobrick berbasis jaringan, karena sudah diuji keefektifannya dan dibandingkan dengan model Problem Based Learning (PBL). Peserta didik diharapkan lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran daring termasuk pembelajaran menulis teks prosedur berbantuan media video ecobrick, agar dapat melatih kemampuan menuangkan gagasan dan ide ke dalam bentuk tulisan dengan maksimal. Peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia hendaknya menggunakan penelitian ini sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya supaya dapat mengembangkan keilmuan kependidikan dengan baik dan inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran menulis teks prosedur; model Problem Based Learning (PBL); model Project Based Learning (PjBL); media video ecobrick; dan berbasis jaringan.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 08 Jan 2021 01:35
Last Modified: 08 Jan 2021 01:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42746

Actions (login required)

View Item View Item