Model dan Habituasi Pendidikan Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Kelurahan Kalibening Kecamatan Tingkir


Amalia Fitri Damayanti, 3401416020 (2020) Model dan Habituasi Pendidikan Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Kelurahan Kalibening Kecamatan Tingkir. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Model dan Habituasi Pendidikan Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Kelurahan Kalibening Kecamatan Tingkir]
Preview
PDF (Model dan Habituasi Pendidikan Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Kelurahan Kalibening Kecamatan Tingkir) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Realita pendidikan formal saat ini yang dirasa kurang membebaskan anak dalam mengeksplorasi potensi yang dimiliki memberikan suatu kegalauan yang harus ditanggung oleh masyarakat. Mata pelajaran yang sudah terstruktur dalam kurikulum pendidikan formal seolah membuat peserta didik terpenjara untuk mengikuti apa yang diinginkan kurikulum tersebut. Tidak jarang mata pelajaran tersebut juga tidak sesuai dengan minat dan kebutuhan anak, hal ini membuat potensi anak yang sebenarnya menjadi tidak dapat berkembang secara maksimal. Untuk menjawab kegalauan tersebut, Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah muncul dengan kultur belajar yang khas di mana Kurikulum Berbasis Kebutuhan (KBK) yang diimplementasikan memberikan kebebasan siswanya dalam berekspresi dan berinovasi sesuai dengan keinginan dan kemampuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model dan habituasi pendidikan pengembangan potensi diri di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah warga Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Konsep yang digunakan untuk menganalisis hasil penelitian menggunakan konsep model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dan konsep Habitus milik Bourdieu. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Model pendidikan di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL), dengan menempatkan warga belajarnya sebagai subjek belajar. 2) Habituasi model pendidikan dilakukan melalui dua kegiatan belajar komunitas yaitu kegiatan belajar terprogram dan tidak terprogram yang berusaha mendekatkan siswa pada pengalaman belajar untuk mencapai target belajar yang sesuai dengan potensi diri. 3) Tantangan yang dihadapi komunitas dalam pengembangan model berasal dari dalam dan luar lingkungan komunitas, serta dari tantangan tersebut komunitas juga menyusun strategi untuk menghadapi tantangan yang ada. Saran, perlu ditingkatkannya upaya pendisiplinan warga belajar, pentingnya warga belajar untuk dapat lebih memanfaatkan kebebasan belajar sebagai jalan untuk melakukan pengembangan potensi diri, dan perlunya evaluasi yang jelas dan terukur agar dapat mengetahui indikator-indikator pencapaian keberhasilan belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Habituasi, Kontekstual, Model Pendidikan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > Tradition
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 Jan 2021 01:12
Last Modified: 08 Jan 2021 01:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42742

Actions (login required)

View Item View Item