PENGARUH PROMOSI DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA LOYALITAS PENGGUNA FINTECH (Layanan Transaksi Online)


Mochamad Shendy Cavilessi, 1511416112 (2020) PENGARUH PROMOSI DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA LOYALITAS PENGGUNA FINTECH (Layanan Transaksi Online). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PROMOSI DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA LOYALITAS PENGGUNA FINTECH (Layanan Transaksi Online)]
Preview
PDF (PENGARUH PROMOSI DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA LOYALITAS PENGGUNA FINTECH (Layanan Transaksi Online)) - Submitted Version
Download (701kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Cavilessi, Mochamad Shendy. 2019. “Pengaruh Promosi Dan Kepercayaan Konsumen Pada Loyalitas Pengguna Fintech (Layanan Transaksi Online)”. Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : Abdul Azis, S.Psi., M.Psi. Kata Kunci : Loyalitas, Promosi, Kepercayaan Konsumen, Fintech Fintech adalah layanan transaksi keuangan yang dikembangkan melalaui teknologi informasi, yang menghasilkan produk, layanan atau jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh promosi dan kepercayaan konsumen terhadap loyalitas konsumen dalam memanfaatkan layanan transaksi online. Loyalitas adalah preferensi atau kesetiaan konsumen terhadap sebuah layanan. Promosi yaitu upaya dari perusahaan untuk menginformasikan atau menawarkan jasa atau produk yang bertujuan agar konsumen membeli produk tersebut, kepercayaan konsumen yaitu kepercayaan seorang terhadap suatu barang atau jasa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah pengguna layanan transaksi online. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 286 pengguna layanan transaksi online. Pengambilan data penelitian menggunakan skala dari loyalitas yang terdiri dari 18 aitem valid, skala promosi 6 aitem valid dan skala kepercayaan konsumen 4 aitem valid. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dua prediktor. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa H1 mempunyai sign = 0.037 (dimana Sign 0,037< α 0,05) yang berarti terdapat pengaruh positif promosi terhadap loyalitas, kemudian H2 Sign = 0.00 (dimana Sign=0.00< α 0,05) yang berarti terdapat pengaruh positif kepercayaan konsumen terhadap loyalitas. Kemudian kedua variabel independen yaitu promosi dan kepercayaan konsumen terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen loyalitas, dengan angka adjusted R2 sebesar 0,427 yang menunjukan 42,7% variasi loyalitas dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen dalam persamaan regresi. Sisanya sebesar 51,3% diterangkan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Loyalitas, Promosi, Kepercayaan Konsumen, Fintech
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Competition
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 08 Jan 2021 00:18
Last Modified: 08 Jan 2021 00:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42734

Actions (login required)

View Item View Item