KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS ABDULRAHMAN SALEH BOJA


Anisa Apriliani, 1401416234 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS ABDULRAHMAN SALEH BOJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS ABDULRAHMAN SALEH BOJA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN GUGUS ABDULRAHMAN SALEH BOJA) - Submitted Version
Download (636kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Apriliani, Anisa. 2020. Keefektifan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media PowerPoint terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Gugus Abdulrahman Saleh Boja. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dra. Sri Susilaningsih, S.Pd., M.Pd. 360 halaman. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan data hasil belajar yang dilakukan di kelas IV SDN Gugus Abdulrahman Saleh Boja didapat bahwa hasil belajar bahasa Indonesia pada keterampilan membaca pemahaman siswa kurang maksimal karena siswa masih mengalami kesulitan dalam pemahaman informasi terhadap bacaan, sehingga membuat siswa dalam menyelesaikan persoalan pada sebuah bacaan berupa tanggapan dan jawaban yang dihasilkan kurang tepat. Perlu adanya perlakuan yaitu dengan penerapan model STAD, karena model tersebut memungkinkan siswa untuk lebih aktif belajar dan lebih mudah menyerap informasi. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model pembelajaran STAD berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada keterampilan membaca pemahaman. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan model STAD karena dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif dalam bekerja sama dan mengungkapkan ide dan gagasan dengan percaya diri sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Abdulrahman Saleh Boja dan sampel penelitian yaitu kelas IV SDN 01 Bebengan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN 03 Bebengan sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, non tes; observasi; wawancara; dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu normalitas, homogenitas, uji t, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa data pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Rata-rata skor posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 79,80 dan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 72,20. Hasil uji-t menunjukan bahwa skor t_hitung (3,366) > t_tabel (2,035) sehingga hasil belajar siswa dengan menggunakan model STAD lebih tinggi dibandingkan dengan model DI. Rata-rata gain kelas kontrol lebih kecil dibandingkan kelas eksperimen (0,08 < 0,33). berdasarkan analisis data indeks gain, peningkatan kelas eksperimen termasuk kategori baik. Pengamatan aktivitas siswa dengan lembar obsevasi menunjukan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 71% dibandingkan kelas kontrol yaitu 55%. Simpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran STAD berbantuan media powerpoint efektif digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia dan dapat meningkatkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia. Pembelajaran dengan menggunakan model STAD sebaiknya memperhatikan beberapa hal, yaitu perencanaan pembelajaran dan manajemen waktu yang baik sehingga pembelajaran berjalan dengan efektif. Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman; powerpoint; STAD

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca pemahaman; powerpoint; STAD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 07 Jan 2021 23:46
Last Modified: 07 Jan 2021 23:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42730

Actions (login required)

View Item View Item