KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS HASANUDDIN KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN
Ika Yuli Prihartanti, 1401415392 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS HASANUDDIN KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN GUGUS HASANUDDIN KECAMATAN KLIRONG KABUPATEN KEBUMEN)
- Submitted Version
Download (688kB) | Preview |
Abstract
Prihartanti, Ika Yuli. 2020. Keefektifan Model Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus Hasanuddin Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen. Sarjana Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Desi Wulandari, S.Pd, M.Pd. Pelaksanaan pembelajaran IPA di SDN Gugus SDN Gugus Hasanuddin masih bersifat teacher centered guru belum mengarahkan siswa untuk menemukan konsep pengetahuannya sendiri dan hasil belajar IPA belum mencapai ketuntasan belajar 75%. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gugus Hasanuddin Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental (eksperimen semu) dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Klegenrejo sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN 2 Gebangsari sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest dengan bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dan analisis data akhir. Pada analisis data akhir atau pengjian hipotesis penelitian digunakan uji t-tes dan uji gain. Hasil uji t menunjukkan thitung > ttabel (2,147 > 1,680), artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hal ini didukung oleh hasil uji N-Gain yang menunjukkan peningkatan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 0,66 > 0,42 dan kedua sampel penelitian pada kriteria nilai N-Gain sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, model Group Investigayion efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA materi Sifat-sifat Cahaya pada siswa kelas IV SDN Gugus Hasanuddin Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Saran yang dapat disampaikan kepada guru, sebaiknya dalam pembelajaran, guru menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, agar siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Kata kunci : hasil belajar, IPA, keefektifan, model group investigation,
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, IPA, keefektifan, model group investigation, |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > Special Education > Primary school education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 07 Jan 2021 17:16 |
Last Modified: | 07 Jan 2021 17:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42728 |
Actions (login required)
View Item |