PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN SCRATCH BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH SISWA SMAN 4 PEKALONGAN


Nadlifatul Fuadiyah, 4201413042 (2019) PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN SCRATCH BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH SISWA SMAN 4 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN SCRATCH BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH SISWA SMAN 4 PEKALONGAN]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN SCRATCH BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN SIKAP ILMIAH SISWA SMAN 4 PEKALONGAN)
Download (979kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Fuadiyah, Nadlifatul. 2019. Pembelajaran Fisika Berbantuan Scratch Berbasis Project Based Learning untuk Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa SMAN 4 Pekalongan. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negersi Semarang. Pembimbing Utama Dra. Dwi Yulianti, M.Si. dan Pembimbing Pendamping Prof. Dr.rer.nat. Wahyu Hardyanto, M.Si. Kata kunci: Scratch, Project Based Learning, hasil belajar, sikap ilmiah. Salah satu problematika dalam disiplin ilmu fisika adalah pembahasan objek-objek yang ditinjau sangat kompleks dan pada perilaku tertentu sulit diungkapkan dengan bahasa sehari-hari. Pada umumnya pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah, sehingga abstraksi fisika sulit untuk divisualisasikan dan sikap ilmiah kurang begitu ditekankan pada siswa. Penggunaan media pembelajaran diperlukan untuk memvisualisasikan fenomena fisika secara nyata. Fenomena fisika dapat divisualisasikan oleh siswa menggunakan Scratch. Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk pembelajaran fisika dalam rangka mengembangkan sikap ilmiah adalah melalui model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan sikap ilmiah siswa, peningkatan hasil belajar siswa, serta hubungan antara sikap ilmiah dan hasil belajar pada pembelajaran fisika berbantuan Scratch berbasis Project Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design dengan bentuk desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3 dan X MIA 4 dengan masing-masing 30 siswa tiap kelas. Data pengembangan sikap ilmiah siswa diperoleh melalui metode observasi. Sedangkan, data hasil belajar siswa diperoleh melalui metode tes. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat diketahui bahwa (1) peningkatan sikap ilmiah kelas eksperimen termasuk dalam kriteria sedang, sedangkan peningkatan sikap ilmiah kelas kontrol dalam kriteria rendah; (2) peningkatan hasil belajar kelas eksperimen menunjukkan kriteria tinggi, dan peningkatan hasil belajar kelas kontrol termasuk dalam kriteria sedang; (3) uji korelasi product moment antara sikap ilmiah dan hasil belajar kelas eksperimen menunjukkan hubungan yang sangat kuat. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) pembelajaran fisika berbantuan Scratch berbasis Project Based Learning dapat mengembangkan sikap ilmiah siswa lebih baik dibandingkan dengan metode ceramah; (2) pembelajaran fisika berbantuan Scratch berbasis Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa; (3) terdapat hubungan yang sangat kuat antara sikap ilmiah dan hasil belajar dalam pembelajaran fisika berbantuan Scratch berbasis Project Based Learning.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Scratch, Project Based Learning, hasil belajar, sikap ilmiah.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 06 Jan 2021 17:39
Last Modified: 06 Jan 2021 17:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42723

Actions (login required)

View Item View Item