PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Industri Kecil dan Menengah Knalpot di Kabupaten Purbalingga)


FADHIL UMAR, 7311416161 (2020) PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Industri Kecil dan Menengah Knalpot di Kabupaten Purbalingga). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Industri Kecil dan Menengah Knalpot di Kabupaten Purbalingga)]
Preview
PDF (PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Industri Kecil dan Menengah Knalpot di Kabupaten Purbalingga))
Download (778kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

UMAR, FADHIL, 2020, “Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening”, Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Ida Maftukhah SE, MM. Kata Kunci: Orientasi Pelanggan, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran. Kinerja pemasaran merupakan hal penting pada industri kecil dan menengah, dengan adanya kinerja pemasaran yang baik maka penjualan akan semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, serta mengetahui apakah inovasi produk mampu memediasi orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku industri kecil dan menengah knalpot di Purbalingga sebanyak 170 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 119 responden dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket dan observasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis jalur dengan bantuan program Statistik SPSS v20. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaann memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasaran, selanjutnya inovasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji path analysis juga menunjukan bahwa inovasi produk mampu memediasi hubungan antara orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Tinggi rendahnya orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan mempengaruhi kinerja pemasaran pada industri kecil dan menengah knalpot di Kabupaten Purbalingga. Inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja pemasaran sehingga dapat memediasi hubungan orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran pada industri kecil dan menengah knalpot di Kabupaten Purbalingga. Saran untuk industri kecil dan menengah knalpot di Kabupaten Purbalingga agar lebih berani lagi untuk melakukan inovasi produk sehingga tidak hanya memproduksi sapu sesuai pesanan pelanggan saja, selain itu melakukan promosi secara berkelanjutan dan meningkatkan pelayanan untuk mempertahankan pelanggan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Orientasi Pelanggan, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 06 Jan 2021 16:53
Last Modified: 06 Jan 2021 16:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42716

Actions (login required)

View Item View Item