PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA PADA ADAPTABILITAS KARIER DENGAN EFIKASI DIRI PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER DAN EKSPLORASI KARIER SEBAGAI PEMEDIASI (Studi pada Mahasiswa Semester Akhir Universitas Negeri Semarang)


Aprilia Hilda Riyana, 7311416073 (2020) PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA PADA ADAPTABILITAS KARIER DENGAN EFIKASI DIRI PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER DAN EKSPLORASI KARIER SEBAGAI PEMEDIASI (Studi pada Mahasiswa Semester Akhir Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA PADA ADAPTABILITAS KARIER DENGAN EFIKASI DIRI PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER DAN EKSPLORASI KARIER SEBAGAI PEMEDIASI (Studi pada Mahasiswa Semester Akhir Universitas Negeri Semarang)]
Preview
PDF (PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA PADA ADAPTABILITAS KARIER DENGAN EFIKASI DIRI PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER DAN EKSPLORASI KARIER SEBAGAI PEMEDIASI (Studi pada Mahasiswa Semester Akhir Universitas Negeri Semarang))
Download (926kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Riyana, Aprilia Hilda. 2020. Pengaruh Dukungan Orang Tua pada Adaptabilitas Karier dengan Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karier dan Eksplorasi Karier sebagai Pemediasi (Studi Pada Mahasiswa Semester Akhir Universitas Negeri Semarang). Skripsi, Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang Pembimbing: Dr. Ketut Sudarma, M.M. Kata kunci: Adaptabilitas Karier, Dukungan Orang Tua, Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karier Adaptabilitas karier merupakan cerminan dari kualitas seorang individu dalam penyesuaian diri untuk meningkatkan keterampilan, mengerjakan tugas, menghadapi perubahan lingkungan, serta mampu merancang gambaran karier dirinya dimasa mendatang. Adaptabilitas karier mengacu pada kesiapan diri untuk menghadapi tugas-tugas saat ini dan penyesuaian peran kerja apabila terjadi perubahan dalam dunia kerja. Adaptabilitas karier dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti dukungan orang tua, efikasi diri pengambilan keputusan karier, dan eksplorasi karier. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mediasi eksplorasi karier dan efikasi diri pengambilan keputusan karier dalam hubungan dukungan orang tua pada adaptabilitas karier. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu mahasiswa semester akhir di Universitas Negeri Semarang yang sedang menyelesaikan tugas akhir(skripsi). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Multi-stage sampling dengan jumlah sampel sebanyak 160 mahasiswa. Metode analisis data menggunakan uji statistik deskriptif dan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai indeks variabel adaptabilitas karier dan dukungan orang tua dalam kategori sedang, sedangkan untuk variabel efikasi diri pengambilan keputusan karier dan eksplorasi karier dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua berpengaruh positif dan tidak signifikan pada adaptabilitas karier. Sedangkan, efikasi diri pengambilan keputusan karier dan eksplorasi karier memiliki pengaruh signifikan pada adaptabilitas karier. Selanjutnya, efikasi diri pengambilan keputusan karier dan eksplorasi karier juga memiliki pengaruh signifikan dalam memediasi hubungan dukungan orang tua pada adaptabilitas karier. Simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan adaptabilitas karier mahasiswa dapat dicapai dengan meningkatkan dukungan orang tua, efikasi diri pengambilan keputusan karier, dan perilaku eksplorasi karier. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan para orang tua dapat memberikan dukungan dan menjalin komunikasi yang baik dengan anaknya. Saran untuk mahasiswa diharapkan dapat menerapkan perilaku eksplorasi karier dan mampu menjadi individu yang memiliki efikasi diri dalam menghadapi berbagai masalah. Kemudian disarankan bagi pihak Universitas untuk dapat menciptakan program-program yang berorientasi dengan nilai-nilai personality hardlines.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci:Adaptabilitas Karier, Dukungan Orang Tua, Efikasi Diri Pengambilan Keputusan Karier
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Efficacy
H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 06 Jan 2021 16:41
Last Modified: 06 Jan 2021 16:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42714

Actions (login required)

View Item View Item