PERAN STRUKTUR MODAL DALAM MEMEDIASI PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PRUSAHAAN SEKTOR PROPERTY, REAL ESTATE DAN BUILDING CONSTRUCTION YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2018


Rifani Mia Ambarsari NIM, 7311416024 (2020) PERAN STRUKTUR MODAL DALAM MEMEDIASI PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PRUSAHAAN SEKTOR PROPERTY, REAL ESTATE DAN BUILDING CONSTRUCTION YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN STRUKTUR MODAL DALAM MEMEDIASI PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PRUSAHAAN SEKTOR PROPERTY, REAL ESTATE DAN BUILDING CONSTRUCTION YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2018]
Preview
PDF (PERAN STRUKTUR MODAL DALAM MEMEDIASI PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PRUSAHAAN SEKTOR PROPERTY, REAL ESTATE DAN BUILDING CONSTRUCTION YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2018)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ambarsari, Rifani Mia. 2020. “Peran Struktur Modal dalam Memediasi Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Prusahaan Sektor Property, Real Estate dan Building Construction yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018”. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Andhi Wijayanto, S.E., M.M. Kata kunci: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Nilai Perusahaan Keuntungan atau laba maksimum merupakan kepentingan yang paling utama bagi suatu perusahaan serta perperan dalam meningkatkan kesejahteraan pemegang saham. Tujuan lain dari didirikannya suatu perusahaan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan dijadikan fokus utama oleh para investor dalam pengambilan keputusan untuk berinvestasi atau tidak ke suatu perusahaan. Tingginya nilai perusahaan dapat menggambarkan kesejahteraan pemilik perusahaan. Nilai perusahaan tidak hanya mencerminkan bagaimana nilai intrinsik pada saat ini, namun juga dapat mencerminkan prospek perusahaan dalam meningkatkan kekayaan di masa depan. Penelitian ini menggunakan nilai perusahaan yang diproksi menggunakan Price to Book Value (PBV). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran struktur modal dalam memediasi pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Variabel struktur modal diproksi menggunakan Debt to Equity Ratio (DER). Sementara itu, variabel profitabilitas diproksi menggunakan rasio Return on Equity (ROE) dan variabel ukuran perusahaan diproksikan dengan size. Subjek penelitian ini adalah perusahaan sektor property, real estate dan building construction yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang kemudian terpilih 36 perusahaan sebagai sampel. Teknik analisis data menggunakan persamaan regresi linear berganda pada data panel dengan pendekatan random effect model pada Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal berperan dalam memediasi pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan dan struktur modal berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, selain itu penelitian ini juga menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap struktur modal. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal berperan dalam memediasi pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan sektor property, real estate dan building construction.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 06 Jan 2021 16:22
Last Modified: 06 Jan 2021 16:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42711

Actions (login required)

View Item View Item