PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KOMITE AUDIT, DAN AFILIASI KAP TERHADAP AUDIT REPORT LAG PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN


Susan Cintia Damanik, 7211416219 (2020) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KOMITE AUDIT, DAN AFILIASI KAP TERHADAP AUDIT REPORT LAG PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KOMITE AUDIT, DAN AFILIASI KAP TERHADAP AUDIT REPORT LAG PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN]
Preview
PDF (PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KOMITE AUDIT, DAN AFILIASI KAP TERHADAP AUDIT REPORT LAG PADA PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN)
Download (724kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Damanik, Susan Cintia. 2020. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Komite Audit, dan Afiliasi KAP terhadap Audit Report Lag pada Perusahaan Sektor Keuangan”. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dhini Suryandari, S.E.,M.Si.,Ak.,CA,QIA,CRMP. Kata Kunci: Audit Report Lag; Ukuran Perusahaan; Umur Perusahaan;Komite Audit; Afiliasi KAP Penyampaian laporan keuangan yang telah diaudit dengan tepat waktu merupakan salah satu syarat yang harus dilakukan oleh perusahaan go public atau perusahaan yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam rangka pemenuhan tanggungjawabnya kepada pemegang saham maupun masyarakat umum. Kenyataannya masih banyak perusahaan yang tidak menyampaikan laporan keuangannya hingga waktu yang telah ditentukan. Interval atau jangka waktu tutup buku perusahaan dengan waktu yang ada pada laporan audit disebut dengan Audit Report Lag. Semakin besar nilai Audit Report Lag mengindikasikan bahwa semakin lama perusahaan menyelesaikan proses auditnya dan sebaliknya semakin kecil nilai Audit Report Lag mengindikasikan bahwa semakin cepat perusahaan menyelesaikan laporan auditnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, komite audit dan afiliasi KAP terhadap audit report lag pada perusahaan sektor keuangan di Indonesia. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2019 yang berjumlah 89 perusahaan. Dari 89 perusahaan digunakan teknik purposive sampling untuk memilih sampel dan diperoleh sebanyak 21 perusahaan sektor keuangan dengan 84 unit analisis. Penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS Versi 21 dan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda dalam menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur perusahaan, komite audit dan afiliasi KAP tidak berpengaruh signifikan terhadap Audit Report Lag. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap Audit Report Lag. Simpulan dari penelitian ini yakni umur perusahaan, komite audit dan afiliasi KAP tidak berpengaruh pada panjang atau pendeknya Audit Report Lag sebuah perusahaan sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap Audit Report Lag yang artinya ketika ukuran perusahaan besar maka Audit Report Lagnya akan semakin kecil dan sebaliknya ketika ukuran perusahaan kecil maka Audit Report Lagnya akan semakin besar. Penelitian ini menyarankan agar penelitian selanjutnya menggunakan proksi lain untuk memproksikan variabel yang terdapat dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Audit Report Lag; Ukuran Perusahaan; Umur Perusahaan;Komite Audit; Afiliasi KAP
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 06 Jan 2021 16:07
Last Modified: 06 Jan 2021 16:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42709

Actions (login required)

View Item View Item