PENGARUH PEMBANGUNAN TOL BREXIT, LOKASI USAHA DAN KETERSEDIAAN BAHAN BAKU TERHADAP PENDAPATAN UKM TELUR ASIN DI KABUPATEN BREBES


Yudha Tri Yulianto, 7111413120 (2020) PENGARUH PEMBANGUNAN TOL BREXIT, LOKASI USAHA DAN KETERSEDIAAN BAHAN BAKU TERHADAP PENDAPATAN UKM TELUR ASIN DI KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMBANGUNAN TOL BREXIT, LOKASI USAHA DAN KETERSEDIAAN BAHAN  BAKU TERHADAP PENDAPATAN UKM TELUR ASIN DI KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (PENGARUH PEMBANGUNAN TOL BREXIT, LOKASI USAHA DAN KETERSEDIAAN BAHAN BAKU TERHADAP PENDAPATAN UKM TELUR ASIN DI KABUPATEN BREBES)
Download (621kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Yulianto, Yudha Tri. 2020. “Pengaruh Pembangunan Tol Brexit, Lokasi Usaha Dan Ketersediaan Bahan Baku Terhadap Pendapatan UKM Telur Asin di Kabupaten Brebes”. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Prasetyo Ari Bowo, S.E.,M.Si Kata Kunci: Pembangunan Tol, Lokasi Usaha, Bahan Baku, Pendapatan Sektor UKM memiliki peranan yang sangat strategis untuk meningkatan pendapatan masyarakat dan daerah. Fenomena menunjukan unit usaha telur asin di Kabupaten Brebes tidak lagi bertambah dalam tiga tahun terakhir karena sepinya pembeli yang menyebabkan penurunan pendapatan. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pendapatan diantaranya pembangunan tol Brexit, lokasi usaha, dan ketersediaan bahan baku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembangunan tol Brexit, lokasi usaha, dan ketersediaan bahan baku terhadap pendapatan UKM telur asin di Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi adalah pedagang telur asin di sepanjang jalan Pantura (jembatan Sungai Pemali sampai sepanjang jalan koridor Klampok) yang jumlahnya tidak terbatas atau tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel dengan metode insidental sampling sehingga terdapat 65 pedagang yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembangunan tol Brexit berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan UKM telur asin dengan nilai Sig. sebesar 0,000 dan t hitung 6,403 > t tabel 1,998, (2) lokasi usaha berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan UKM telur asin dengan nilai Sig. sebesar 0,000 dan t hitung 4,927 > t tabel 1,998, (3) ketersediaan bahan baku berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UKM telur asin dengan nilai Sig. sebesar 0,001 dan t hitung 3,819 > t tabel 1,998, dan (4) pembangunan jalan tol Brexit, lokasi usaha dan ketersediaan bahan baku secara simultan berpengaruh positif dan signifikan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UKM telur asin dengan nilai Sig. sebesar 0,000 dan Fhitung 150,818 > Ftabel 2,75. Simpulan dalam penelitian ini pembangunan jalan tol Brexit, lokasi usaha dan ketersediaan bahan baku secara simultan berpengaruh positif dan signifikan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UKM telur asin di Kabupaten Brebes. Saran yang dapat diberikan yaitu bagi pemerintah terkait dapat membuat kebijakan dengan mengalokasikan pusat oleh-oleh ke tempat yang lebih strategis dan memfasilitasi dan membuat kelompok bagi peternak itik agar ketersediaan bahan baku telur asin dapat stabil. Bagi pedagang dapat membuat inovasi pemasaran melalui media online ataupun memasang iklan di sekitar tempat-tempat yang strategis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembangunan Tol, Lokasi Usaha, Bahan Baku, Pendapatan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Home Industry
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Home Industry
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Street Vendors
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 06 Jan 2021 15:25
Last Modified: 06 Jan 2021 15:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42703

Actions (login required)

View Item View Item