PENGARUH KEPERCAYAAN, HARGA BARANG DAN UANG SAKU TERHADAP TINGKAT TRANSAKSI E-COMMERCE MAHASISWA UNNES ANGKATAN 2017


Agung Steven, 7111413062 (2020) PENGARUH KEPERCAYAAN, HARGA BARANG DAN UANG SAKU TERHADAP TINGKAT TRANSAKSI E-COMMERCE MAHASISWA UNNES ANGKATAN 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPERCAYAAN, HARGA BARANG DAN UANG SAKU TERHADAP TINGKAT TRANSAKSI E-COMMERCE MAHASISWA UNNES ANGKATAN 2017]
Preview
PDF (PENGARUH KEPERCAYAAN, HARGA BARANG DAN UANG SAKU TERHADAP TINGKAT TRANSAKSI E-COMMERCE MAHASISWA UNNES ANGKATAN 2017)
Download (828kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Steven, Agung. 2020. “Pengaruh Kepercayaan, Harga Barang dan Uang Saku Terhadap Tingkat Transaksi E-Commerce Mahasiswa UNNES Angkatan 2017”. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Yozi Aulia Rahman, S.E., M.Sc. Kata Kunci : Tingkat Transaksi, E-Commerce, Kepercayaan, Harga Barang, Uang Saku Penggunaan sarana internet yang merupakan kemajuan teknologi yang dapat dikatakan menunjang secara keseluruhan spektrum kegiatan komersial Oleh karna itu para pelaku bisnis E-commerce perlu memperhatikan beberapa faktor yang mungkin dapat mempengaruhi minat konsumen terutama dikalangan mahasiwa seperti salah satu hal yang paling mendasar sebagai daya tarik transaksi online melalui E-commerce adalah tentang kepercayaan (trust). Hal ini muncul disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah masalah privasi, kejujuran dan keamanan. Banyak juga yang mengira harga dan tingkat uang saku mempegaruhi kegiatan dari sistem perdagangan bebas seperti E-commerce ini terutama mahasiswa, harga dapat menjadi menjadi patokan dasar para konsumen berdasarkan uang saku atau pendapatan yang dimiliki mahasiswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis besar pengaruh Kepercayaan, Harga barang dan Uang Saku terhadap mahasiswa UNNES angkatan 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuatitatif. Metode yang digunakan adalah survey secara langsung,berupa kuesioner dan observasi dengan analisis regresi linear. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 99 responden, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara rumus Slovin. Untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, maka digunakan uji t, uji F, uji R2 dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 99 mahasiswa yang menjadi responden dalam penelitian ini sebanyak 31 mahasiswa (31,31%) memiliki tingkat transaksi e-commerce yang termasuk dalam kategori sangat tinggi, 57 mahasiswa (48,48%) memiliki tingkat transaksi e-commerce yang termasuk dalam kategori tinggi, 11 mahasiswa (33,33%) memiliki tingkat transaksi e-commerce yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil reratanya maupun dari mayoritasnya, dapat dinyatakan bahwa tingkat transaksi e-commerce yang dimiliki mahasiswa Universitas Negeri Semarang angkatan 2017 pada tahun 2019 termasuk dalam kategori tinggi. Faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat transaksi adalah Kepercayaan, uang saku dan harga barang. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat diajukan sebagai berikut : penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif solusi pengembangan usaha dibidang e-commerce, dengan memperhatikan faktor kepercayaan konsumen, harga barang dan uang saku atau pendapat dari konsumennya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Tingkat Transaksi, E-Commerce, Kepercayaan, Harga Barang, Uang Saku
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 06 Jan 2021 09:51
Last Modified: 06 Jan 2021 09:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42702

Actions (login required)

View Item View Item