ANALISIS KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA RUANG PRAKTIK JURUSAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK WIDYA PRAJA UNGARAN


Ati Gus Setianingsih, 7101416317 (2020) ANALISIS KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA RUANG PRAKTIK JURUSAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK WIDYA PRAJA UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA RUANG PRAKTIK JURUSAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK WIDYA PRAJA UNGARAN]
Preview
PDF (ANALISIS KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA RUANG PRAKTIK JURUSAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK WIDYA PRAJA UNGARAN)
Download (739kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Setianingsih, Atigus. 2020. “Analisis Kelayakan Sarana dan Prasarana Ruang Praktik Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Widya Praja Ungaran”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Agung Kuswantoro, S.Pd.,M.Pd. 195 halaman. Kata kunci : Kelayakan, Sarana dan Prasarana, Laboratorium Perkantoran Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu sumber daya yang penting dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah. Keberhasilan program pendidikan di sekolah sangat dipengaruhi oleh kondisi sarana dan prasarana pendidikan yang dimiliki sekolah dan oleh optimalisasi pengelolaan dan pemanfaatannya. SMK/MAK sekurang-kurangnya memiliki sarana dan prasarana yang dapat dikelompokkan menjadi ruang pembelajaran umum, ruang penunjang dan ruang pembelajaran khusus praktik kejuruan atau biasa disebut dengan laboratorium. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah sarana dan prasarana ruang praktik jurusan OTKP SMK Widya Praja Ungaran memenuhi standar kelayakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui presentase tingkat kelayakan sarana dan prasarana laboratorium OTKP di SMK Widya Praja Ungaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 108 siswa. Peneliti menggunakan propotional random sampling untuk menentukan jumlah sampel penelitian. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prasarana ruang praktik komputer/mengetik SMK Widya Praja Ungaran menunjukkan tingkat ketercapaian sebesar 79% (layak), sedangkan pada ruang praktik perkantoran/kearsipan/mesin kantor sebesar 87% (sangat layak). Sarana ditinjau dari perabot sebesar 87% (sangat layak), peralatan sebesar 55% (tidak layak), media pendidikan sbesar 100% (sangat layak), dan perlengkapan sebesar 50% (tidak layak). Sedangkan sarana pada ruang praktik perkantoran/kearsipan/mesin kantor ditinjau dari perabot sebesar 80% (layak), peralatan sebesar 54% (tidak layak), media pendidikan sebesar 0% (sangat tidak layak), dan perlengkapan sebesar75% (layak). Simpulan dari penelitian ini adalah sarana pada ruang praktik jurusan OTKP SMK Widya Praja Ungaran menunjukkan tingkat ketercapaian layak, namun masih ada beberapa peralatan yang kurang memenuhi kebutuhan siswa, seperti jumlah telepon dan komputer yang belum sesuai dengan jumlah siswa. Sedangkan untuk prasarana mencapai ketercapaian sangat layak. Beberapa peralatan yang jumlahnya terbatas dan masih kurang seperti telepon dan komputer hendaknya memperoleh prioritas dalam pengadaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kelayakan, Sarana dan Prasarana, Laboratorium Perkantoran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 06 Jan 2021 09:31
Last Modified: 06 Jan 2021 09:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42700

Actions (login required)

View Item View Item