PERBANDINGAN METODE PERHITUNGAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) UNTUK MENENTUKAN TARIF BUS RAPID TRANSIT (BRT) SEMARANG KORIDOR VI
Jumbuh Achmad Sukoco, 5113416014 (2020) PERBANDINGAN METODE PERHITUNGAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) UNTUK MENENTUKAN TARIF BUS RAPID TRANSIT (BRT) SEMARANG KORIDOR VI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (7MB) | Preview |
Abstract
Kota Semarang merupakan kota dengan banyak fasilitas-fasilitas dan wisata-wisata sebagai kota terbesar kelima di Indonesia setalah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. Untuk menunjang aktivitas masyarakat dalam menikmati fasilitas dan wisata yang ada pada Kota Semarang, maka disediakanlah transportasi publik yang mengantarkan atau membawa masyarakat yang tidak mempunyai transportasi atau kendaraan pribadi berkeliling Kota Semarang dengan tarif tertentu. Bus Rapid Transit Semarang merupakan salah satu transportasi publik yang disediakan pemerintah untuk Kota Semarang. Hingga tahun 2020 Bus Rapid Transit Kota Semarang sudah memiliki 8 koridor dengan rute dan destination yang berbeda-beda. Tarif yang diberikan Bus Rapid Transit Semarang pada tahun 2020 untuk sekali perjalanan adalah Rp. 1000 / penumpang untuk pelajar atau mahasiswa, dan Rp. 3500 / penumpang untuk penumpang umum. Tarif yang diberlakukan pada setiap transportasi publik harus ditentukan dengan bijak agar memberikan hasil yang dapat diterima oleh masyarakat dan perusahaan penyedia transportasi. Salah satu cara penentuan tarif suatu kendaraan adalah dengan melihat biaya operasional yang dikeluarkan pada jenis kendaraan tersebut. Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dapat dihitung dengan menggunakan dua metode, metode Kementrian Perhubungan dan Metode Departemen Pekerjaan Umum. Kedua metode ini memiliki komponen dan cara perhitungan yang berbeda-beda. Sehingga diperlukan kajian untuk membandingkan dan mengetahui cara perhitungan biaya operasional kendaraan pada tiap-tiap metode. Penelitian dilakukan dengan mengambil data-data yang dibutuhkan untuk perhitungan biaya operasional kendaraan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara atau bertanya langsung dengan pihak bengkel transportasi atau perusahaan terkait. Setelah pengambilan data, maka data tersebut dimasukkan kedalam rumus hingga diperoleh hasil biaya operasional kendaraan pada masing-masing metode. Pada penelitian ini, hasil perhitungan biaya operasional kendaraan adalah Rp. 7.877,44 / km untuk metode Kementrian Perhubungan dan Rp. 8.390,24 / km untuk metode Departemen Pekerjaan Umum. Terdapat perbedaan hasil dalam perhitungan pada kedua metode, oleh karena itu dibutuhkan kajian dan bahasa lebih lanjut untuk mengetahui komponen atau faktor apa saja yang mempengaruhi perbedaan hasil perhitungan tersebut. Perbedaan hasil dapat terjadi karena adanya perbedaan cara perhitungan, dimana metode kemenhub menggunakan data-data real di lapangan seperti jumlah seat-km per tahun, sedangkan metode Departemen PU memberikan variabel bebas yang lebih terbatas, seperti harga oli, ban, dan BBM, sedangkan variabel lain telah ditetapkan nilai tipikal atau defaultnya. Jika kita melihat keadaan real di lapangan, instansi BRT mempunyai besaran BOK yang berlaku sampai saat ini, besaran BOK real di lapangan adalah sebesar Rp. 5.404,76. Setelah melihat biaya operasional pada suatu kendaraan, dapat dilakukan perhitungan tarif berdasarkan BOK sehingga dapat diketahui besaran tarif dan membandingkannya dengan tarif real yang ada di lapangan. Berdasarkan perhitungan, besar tarif jika dilihat dari BOK adalah Rp. 8.562,43 / pnp untuk metode Kementrian Perhubungan, Rp. 9.119,83 / pnp untuk metode Departemen PU, dan Rp. 5.878, 74 / pnp berdasarkan BOK real di lapangan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | biaya operasional kendaraan, tarif, BRT. |
Subjects: | T Technology > TF Railroad engineering and operation T Technology > TS Manufactures |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 06 Jan 2021 03:50 |
Last Modified: | 06 Jan 2021 03:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42687 |
Actions (login required)
View Item |