APLIKASI PARAMETER TRIAXIAL TESTING DALAM PERENCANAAN TIMBUNAN DENGAN PERKUATAN GEOTEKSTIL UNTUK PEMBANGUNAN JALAN PADA TANAH LOKASI BENCANA LIKUIFAKSI PALU


Sari Meliana, 5113416011 (2020) APLIKASI PARAMETER TRIAXIAL TESTING DALAM PERENCANAAN TIMBUNAN DENGAN PERKUATAN GEOTEKSTIL UNTUK PEMBANGUNAN JALAN PADA TANAH LOKASI BENCANA LIKUIFAKSI PALU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5113416011.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Gempa Bumi adalah sutau bencana alam yang umumnya disebabkan oleh pergeseran kerak bumi dan letusan gunung berapi. Indonesia adalah salah satu negara yang sering mengalami bencana gempa bumi. Dikarenakan Indonesia termasuk dalam Ring Of Fire (Cincin Api), dimana memiliki banyak gunung berapi dan berada pada siklum Pasifik yang sangat berpotensi mengalami gempa bumi. Salah satu permasalahan yang disebabkan oleh gempa bumi adalah bahaya likuifaksi. Likuifaksi merupakan fenomena hilanganya kekuatan geser tanah akibat kenaikan tekanan air pori yang disebabkan oleh beban dinamik berupa gempa. Kompilasi seluruh kejadian likuifaksi di Indonesia sangat diperlukan sebagai dasar perencanaan pembangunan struktur dan infrastruktur jangka menengah dan jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui parameter kuat geser tanah yang mengalami likuifaksi, dimana dari hasil penelitian tersebut akan dilakukan perencanaan timbunan dengan perkuatan geotekstile untuk pembangunan jalan pada tanah lokasi bencana likuifaksi palu. Dalam mendapatkan parameter kuat geser tanah dilakukan uji Triaxial UU (Unconsolidated Undrained)). Pengujian ini digunakan untuk menentukan kekuatan geser sampel tanah yang tidak diizinkan untuk mengalir. Pengujian diselesaikan dengan 3 sampel uji UU (Unconsolidated Undrained). Hasil pengujian tersebut dianalisis untuk menentukan selubung keruntuhan Mohr-Coulomb, sudut geser, ketahanan geser dan modulus elastisitas young. Data parameter kuat geser tanah digunakan untuk perencanaan timbunan dengan perkuatan geotekstil untuk pembangunan jalan dengan menggunakan metode plaxis. Hasil pengujian laboratorium menunjukkan bahwa kelima sampel tanah yang telah diuji termasuk kedalam tanah berpasir dan berpotensi mengalami likuifaksi. Untuk nilai kohesi (c) dari sampel satu hingga lima berturut-turut adalah 45,184; 55,87; 47,577; 83,805; 14,15, sedangakan untuk nilai sudut geser (ɸ) dari sampel satu hingga lima berturut-turut adalah 19; 5; 19; 7; 33 .Dari data parameter kelima sampel yang diuji, tanah dua digunakan sebagai tanah dasar dan tanah empat sebagai tanah timbunan. Data tersebut dimasukkan kedalam analisis numeris timbunan dengan software plaxis dan menghasilkan nilai faktor keamanan (SF) sebesar 10,17.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Likuifaksi, Triaxial, Timbunan, Geotekstil
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 06 Jan 2021 03:45
Last Modified: 06 Jan 2021 03:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42686

Actions (login required)

View Item View Item