ANALISIS KECELAKAAN DI JALAN JEPARA – KUDUS KM 9 KECAMATAN TAHUNAN KABUPATEN JEPARA


SULTON ARIF, 5113413086 (2020) ANALISIS KECELAKAAN DI JALAN JEPARA – KUDUS KM 9 KECAMATAN TAHUNAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5113413086.pdf]
Preview
PDF
Download (10MB) | Preview

Abstract

Satlantas Polres Jepara mencatat kecelakaan selama 3 tahun (2015 s/d 2017) lokasi di jalan Jepara Kudus km 9 terjadi 12 kejadian kecelakaan, dengan korban meninggal 4 orang, luka ringan 15 orang. Penelitian ini bertujuan menganalisis black spot di jalan Jepara Kudus km 9: mengetahui karakteristik kecelakaan, mengetahui penyebab kecelakaan yang terjadi, dan merencanakan solusi penanganan black spot untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas. Data primer yang digunakan meliputi kondisi kelengkapan jalan, survei rambu lalu lintas, dan survei kecepatan sesaat kendaraan. Sedangkan data sekunder meliputi data kecelakaan dari Satlantas Polres Jepara, serta data LHR jalan dari P2JN Jawa Tengah. Teknik analisis data menggunakan metode Pembobotan Equivalent Accident Number (EAN) yang dibandingkan dengan Batas Kontrol Atas (BKA) untuk identifikasi black spot, untuk mengetahui karakteristik tabrakan dibuat diagram tabrakan dan matrik kecelakaan. Hasil analisis didapat, lokasi penelitian merupakan black spot karena nilai EAN lebih besar dari BKA, 93 > 56. Kecelakaan didominasi tabrak depan depan, terjadi pada hari kerja, waktu kejadian kecelakaan 12.00 – 18.00, kendaraan yang terlibat kecelakaan didominasi sepeda motor. Penyebab kecelakaan antara lain, kondisi rambu lalu lintas dan marka yang kurang layak, kendaraan yang menyalip, serta pejalan kaki yang menyeberang tidak pada zebra cross. Solusi penanganan antara lain, perbaikan rambu lalu lintas dan marka, menambah zebra cross baru, membuat pita penggaduh di kawasan yang rawan bahaya, memperbaiki trotoar serta menambah pemisah lajur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jalan Jepara Kudus km 9, kecelakaan lalu lintas, black spot, EAN (Equivalent Accident Number), BKA (Batas Kontrol Atas).
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 06 Jan 2021 02:32
Last Modified: 06 Jan 2021 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42682

Actions (login required)

View Item View Item