KONTRIBUSI TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT NELAYAN DI DESA PASIR DAN DESA AYAH DI KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2019


Sekar Laraswati, 3201415001 (2020) KONTRIBUSI TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT NELAYAN DI DESA PASIR DAN DESA AYAH DI KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KONTRIBUSI TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT NELAYAN DI DESA PASIR DAN DESA AYAH DI KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2019]
Preview
PDF (KONTRIBUSI TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT NELAYAN DI DESA PASIR DAN DESA AYAH DI KECAMATAN AYAH KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2019) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Masyarakat pesisir khususnya masyarakat nelayan mendapat marginalisasi sebagai masyarakat miskin yang kurang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dan memiliki tingkat pendidikan rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pendidikan dan mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat nelayan serta seberapa besar kontribusi tingkat pendidikan terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat nelayan di Desa Pasir dan Desa Ayah Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat nelayan di Kecamatan Ayah khususnya yang berada di Desa Pasir sebanyak 714 jiwa dan Desa Ayah sebanyak 218 jiwa. Teknik penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling untuk menentukan lokasi desa penelitian dan Incidental Sampling untuk pengambilan data terhadap responden di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) desa. Sampel nelayan secara keseluruhan berjumlah 100 orang dengan pembagian masing – masing desa sebanyak 50 responden. Teknik pengumpulan data terdiri dari 3 teknik, yaitu kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan metode analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan (1) tingkat pendidikan masyarakat Desa Pasir sebesar 18 orang (36%) paling besar berada di jenjang SMP dan pada kriteria sedangkan Desa Ayah sebesar 23 orang (46%) berkriteria sedang dengan mayoritas berpendidikan SMP. (2) Tingkat Kesejahteraannya masuk kriteria tinggi dengan Tahapan Keluarga Sejahtera III+ (TKS III+) dengan hasil Desa Pasir sebesar 28 orang (56%) dan Desa Ayah sebesar 31 orang (62%). (3) kontribusi tingkat pendidikan terhadap tingkat kesejahteraan Desa Ayah dan Desa Pasir masuk kriteria sangat rendah karena pengaruhnya di Desa Pasir hanya sebesar 0,064 (6,4%) dan di Desa Ayah pengaruhnya hanya sebesar 0,070 (7%). Kesimpulan penelitian ini meliputi (1) tingkat pendidikan masyarakat nelayan masuk kriteria sedang dengan mayoritas tingkat pendidikan di Desa Pasir dan Desa Ayah merupakan lulusan SMP. (2) tingkat kesejahteraan di Desa Pasir dan Desa Ayah tergolong tinggi dan mayoritas masyarakat masuk pada tahapan Keluarga Sejahtera III+, (3) hasil kontribusi tingkat pendidikan terhadap tingkat kesejahteraannya masuk kriteria sangat rendah. Saran penelitian ini adalah baiknya orang tua yang berprofesi sebagai nelayan dan memiliki anak dapat memberikan motifasi, dukungan kepada anak mereka untuk mengenyam pendidikan setinggi mungkin agar dapat mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari kehidupan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan dan Tingkat Kesejahteraan, Nelayan
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Jan 2021 01:03
Last Modified: 06 Jan 2021 01:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42675

Actions (login required)

View Item View Item