KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 BLORA TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Apri Ulin Ni’mah, 3101416042 (2020) KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 BLORA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 BLORA TAHUN PELAJARAN 2019/2020]
Preview
PDF (KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 BLORA TAHUN PELAJARAN 2019/2020) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kreativitas pembelajaran guru seringkali menjadi topik perbincangan berbagai pihak, karena dinilai menentukan pencapaian hasil pendidikan. Kreativitas guru sangat dibutuhkan guna memotivasi semangat belajar peserta didik sehingga peserta didik mempunyai minat untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Blora, menganalisis kreativitas guru dalam proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Blora, dan mendeskripsikan hambatan yang dialami guru dalam meningkatkan kreativitas pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Blora. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Lokasi penelitian yaitu di SMA Negeri 2 Blora. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru sejarah, dan peserta didik di SMA Negeri 2 Blora. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi dengan sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Blora meliputi tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru membuat program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, media, dan alat pembelajaran. Dalam tahap pelaksanaan, guru mencoba menarik minat peserta didik dengan menghubungkan materi pelajaran dengan hal-hal penting bagi peserta didik. Dalam tahap evaluasi, guru melakukan evaluasi berupa tes tertulis, lisan, dan perbuatan. Dalam meningkatkan kreativitasnya guru menggunakan metode, sumber, dan media pembelajaran yang bervariasi agar peserta didik tidak merasa bosan. Metode pembelajaran yang digunakan meliputi metode ceramah tanya jawab, diskusi, cooperative learning, discovery, problem solving, project, dan metode yang memanfaatkan internet. Sumber pembelajaran yang digunakan yaitu buku dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, peta, gambar, dan video. Media pembelajaran yang digunakan meliputi peta, gambar, power point, video, kartu, teka-teki silang, miniatur, dan rumah artefak. Sedangkan hambatan yang dialami guru dalam meningkatkan kreativitas meliputi hambatan yang berasal dari dalam diri guru seperti faktor usia dan faktor dari luar seperti faktor sarana prasarana. Saran dari peneliti adalah guru perlu mengenali karakteristik masing-masing peserta didik, meningkatkan kompetensinya, dan mendapatkan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kreativitasnya dalam proses pembelajaran. Selain itu sekolah perlu menyediakan tempat untuk menyimpan media pembelajaran dan meningkatkan kualitas dari sarana prasarana yang tersedia guna mengoptimalkan kreativitas guru dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Proses Pembelajaran, Hambatan
Subjects: L Education > Special Education > Skills Educations
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Jan 2021 00:41
Last Modified: 06 Jan 2021 00:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42671

Actions (login required)

View Item View Item