PENGEMBANGANBAHAN AJAR BERBENTUK BUKLET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT TANYA SISWA KELAS V SDN 1 MAYAHAN
Yunia Permatasari, 1401416283 (2020) PENGEMBANGANBAHAN AJAR BERBENTUK BUKLET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT TANYA SISWA KELAS V SDN 1 MAYAHAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGANBAHAN AJAR BERBENTUK BUKLET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT TANYA SISWA KELAS V SDN 1 MAYAHAN)
- Submitted Version
Download (602kB) | Preview |
Abstract
Yunia Permatasari. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Buklet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Tanya Siswa Kelas V SDN 1 Mayahan. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama: Dra. Nuraeni Abbas, M.Pd. 228halaman. Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam menulis kalimat tanya dan kurangnya bahan ajar pada materi tersebut. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk bukletyakni, 1) menjelaskan desain penelitianpengembangan bahan ajar berbentuk buklet 2) menguji kelayakan bahan ajar berbentuk buklet dan 3) menguji keefektifan bahan ajar berbentuk buklet. Penelitian ini, merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), yang terdiri dari (1) tahap potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; dan (8) uji coba pemakaian. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 1 Mayahan.dan SDN 3 Mayahan. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis angket kebutuhan guru dan siswa, penilaian produk oleh ahli materi dan ahli media, dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data awal, analisis data produk, dan analisis data akhir (uji t dan uji N-Gain).Hasil uji kelayakan bahan ajar berbentuk buklet yaitu sangat layak dengan penilaian ahli materi 92% dan dari ahli media mendapatkan presentase 86%. Hasil uji keefektifan diperoleh dari nilai rata-rata keterampilan menulis kalimat tanya siswa sebelum mendapat perlakuan (tes awal) yaitu 50,85 dan setelah mendapat perlakuan (tes akhir)yaitu 84,97. Bahan ajar berbentuk buklet juga efektif digunakan digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat tanya, dilihat dari hasil uji perbedaan rata-rata dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00, yang berarti nilai sig <0,05. Hasil perhitungan N-gain sebesar 0,70611 dengan kriteria tinggi mendukung keefektifan dari bahan ajar berbentuk buklet. Simpulan penelitian ini yaitu bahan ajar berbentuk buklet layak dan efektif untuk digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat tanya siswa. Peneliti memberi saran agar guru mengembangkan bahan ajar yang lebih beragam agar pemahaman dan keterampilan berbahasa siswa dapat meningkat. Kata kunci: bahan ajar; buklet; kalimat tanya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar; buklet; kalimat tanya. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials L Education > Special Education > Primary school education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 07:49 |
Last Modified: | 05 Jan 2021 07:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42666 |
Actions (login required)
View Item |