PENGARUH KELEBIHAN BEBAN KERJA DAN KETAHANAN DIRI PADA OCB (ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR) DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Tenaga Kependidikan Universitas Negeri Semarang)


Retno Sri Purwanti, 7311416107 (2020) PENGARUH KELEBIHAN BEBAN KERJA DAN KETAHANAN DIRI PADA OCB (ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR) DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Tenaga Kependidikan Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KELEBIHAN BEBAN KERJA DAN KETAHANAN DIRI PADA OCB (ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR) DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Tenaga Kependidikan Universitas Negeri Semarang)]
Preview
PDF (PENGARUH KELEBIHAN BEBAN KERJA DAN KETAHANAN DIRI PADA OCB (ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR) DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Tenaga Kependidikan Universitas Negeri Semarang)) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Purwanti, Retno Sri. 2020. Pengaruh Kelebihan Beban Kerja dan Ketahanan Diri pada OCB (Organizational Citizenship Behavior) dengan Komitmen Organisasional sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Tenaga Kependidikan Universitas Negeri Semarang). Skripsi, Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang Pembimbing: Nury Ariani Wulansari S.E., M.Sc.. Kata Kunci: Kelebihan Beban Kerja, Ketahanan Diri, Komitmen Organisasional, OCB OCB merupakan perilaku membantu pekerjaan orang lain diluar dari pekerjaannya sendiri yang memberikan kontribusi pada terciptanya efektivitas organisasi dan tidak berkaitan langsung dengan tambahan income dan sistem reward organisasi. OCB dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kelebihan beban kerja, ketahanan diri, dan komitmen organisasional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh langsung kelebihan beban kerja, ketahanan diri, dan komitmen organisasional pada OCB serta menguji pengaruh mediasi komitmen organisasional dalam hubungan kelebihan beban kerja pada OCB dan ketahanan diri pada OCB. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu tenaga kependidikan Universitas Negeri Semarang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik random sampling dengan sampel sebanyak 135 pegawai. Metode analisis data menggunakan uji statistik deskriptif dan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelebihan beban kerja tidak memiliki pengaruh signifikan pada komitmen organisasional dan OCB. Ketahanan diri memiliki pengaruh positif dan signifikan pada komitmen organisasional dan OCB. Komitmen organisasional juga memiliki pengaruh positif dan signifikan pada OCB. Sementara itu pada pengujian tidak langsung, komitmen organisasional tidak terbukti dalam memediasi hubungan kelebihan beban kerja pada OCB. Kemudian komitmen organisasional terbukti dalam memediasi hubungan ketahanan diri pada OCB. Simpulan penelitian ini yaitu kelebihan beban kerja tidak berpengaruh signifikan pada komitmen organisasional dan OCB. Ketahanan diri berpengaruh positif dan signifikan pada komitmen organisasional dan OCB. Komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan pada OCB. Selain itu, komitmen organisasional tidak terbukti dalam memediasi hubungan kelebihan beban kerja pada OCB. Sedangkan komitmen organisasional terbukti dalam memediasi hubungan ketahanan diri pada OCB. Saran teoritis untuk penelitian selanjutnya agar dapat memperluas sampel seperti pada karyawan perusahaan manufaktur yang berorientasi pada profit oriented. Kemudian saran praktis untuk pegawai dan perguruan tinggi agar dapat memaknai OCB sebagai perilaku positif dan mendorong pelaksanaan OCB di tempat kerja untuk meningkatkan efektivitas organisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelebihan Beban Kerja, Ketahanan Diri, Komitmen Organisasional, OCB
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Jan 2021 03:12
Last Modified: 05 Jan 2021 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42655

Actions (login required)

View Item View Item