PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FLASH BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 02 SEMARANG


Nurul Hidayah, 1401416012 (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FLASH BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FLASH BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FLASH BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 02 SEMARANG) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data hasil pra penelitian melalui observasi, wawancara dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 02 Semarang, ditemukan bahwa pembelajaran IPA belum maksimal. Hal ini dipengaruhi oleh faktor internal siswa yaitu masih kurangnya minat serta motivasi siswa untuk belajar dan faktor eksternal yaitu media pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan inovatif yang menjadikan siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar menjadi rendah. Sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran yang lebih menarik dan inovatif yaitu multimedia interaktif flash berbasis problem based learning pada muatan pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan multimedia interaktif flash berbasis problem based learning pada muatan pelajaran IPA materi zat tunggal dan campuran. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunkan adalah model Borg&Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan beberapa tahapan meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk dan revisi desain produk. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) multimedia interaktif flash memenuhi karakteristik model problem based learning; (2) multimedia interaktif flash layak digunakan sebagai media pembelajaran, berdasarkan hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 83% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi oleh ahli materi dengan persentase sebesar 86% dengan kategori sangat layak. Simpulan penelitian ini adalah multimedia interaktif flash berbasis problem based learning layak digunakan sebagai media pembelajaran pada muatan pelajaran IPA materi zat tunggal dan campuran. Saran dalam penelitian ini untuk guru sebaiknya mengoptimalkan dan mengembangkan media pembelajaran yang lebih bervariatif untuk menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPA, multimedia interaktif flash, problem based learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Dec 2020 08:28
Last Modified: 30 Dec 2020 08:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42604

Actions (login required)

View Item View Item