PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ADOBE FLASH BERBASIS KONSERVASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG


Rovi Ramandhani, 1401416011 (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ADOBE FLASH BERBASIS KONSERVASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ADOBE FLASH BERBASIS KONSERVASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ADOBE FLASH BERBASIS KONSERVASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG) - Published Version
Download (13MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian yang dilakukan di SDN Purwoyoso 03 Semarang melalui wawancara, observasi, dan data dokumen berupa hasil belajar siswa kelas IV terdapat permasalahan pada pembelajaran IPS terkait media pembelajaran yang digunakan terbatas yaitu berupa media gambar dan benda-benda sekitar seperti gambar peta tanpa ada media pendukung lainnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana desain, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran multimedia interaktif adobe flash berbasis konservasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan multimedia interaktif adobe flash berbasis konservasi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan dibatasi hanya sampai pada langkah ke-8 yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Purwoyoso 03 Semarang yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Analisis data akhir menggunakan rumus t-test untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif dan rumus N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan multimedia interaktif adobe flash berbasis konservasi, sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 82,81%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 96,87%, dan kelayakan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 82,81%. Keefektifan multimedia interaktif adobe flash berbasis konservasi ditunjukkan pada hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t dengan perolehan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,050 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest dengan peningkatan rata-rata (N-gain) hasil pretest dan posttest sebesar 0,385 yang termasuk dalam katerogri sedang. Simpulannya yaitu media pembelajaran multimedia interaktif adobe flash berbasis konervasi layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam. Saran penelitian selanjutnya dapat dilakukan pada materi lain dengan memperbaiki desain dan komponen agar lebih lengkap serta menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif Adobe Flash, IPS, Konservasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Dec 2020 08:20
Last Modified: 30 Dec 2020 08:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42602

Actions (login required)

View Item View Item