PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDIT HARAPAN UMAT BREBES


Fitri Sukma Wulandari, 1401416002 (2020) PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDIT HARAPAN UMAT BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDIT HARAPAN UMAT BREBES]
Preview
PDF (PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDIT HARAPAN UMAT BREBES) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perlunya pengelolaan kelas karena tingkah laku dan perbuatan peserta didik selalu berubah dari hari ke hari. Peserta didik dapat belajar dengan tenang pada hari ini tetapi belum tentu pada keesokan harinya. Guru dituntut mampu menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta menetralkan keadaan apabila terjadi gangguan di kelas selama proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam melakukan pengelolaan kelas dalam pembelajaran tematik, serta faktor pendukung dan faktor penghambat pengelolaan kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan. Keabsahan data dengan melakukan uji credibility, uji transferability, uji depenability, dan uji confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas dan guru pendamping IIa SDIT Harapan Umat Brebes sudah memahami dan memiliki kemampuan mengelola kelas yang cukup baik dilihat dari prinsip-prinsip pengelolaan kelas. Guru sudah menunjukkan sikap hangat dan antusias, pemberian tantangan dalam kelas, penggunaan variasi, pemberian penguatan, penanaman disiplin, memerhatikan kondisi fisik lingkungan kelas, dapat merancang lingkungan positif untuk pembelajaran, dan menjadi komunikator yang baik. Hanya saja, penerapan penggunaan metode pembelajaran yang belum sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan belum menerapkan media pembelajaran yang bervariasi. Faktor pendukung pengelolaan kelas yaitu (1) kondisi fisik peserta didik yang baik; (2) kemampuan kognitif dan sikap peserta didik; (3) motivasi belajar yang tinggi; (4) adanya pengembangan bakat dan minat peserta didik; (5) kondisi fisik kelas yang baik; (6) sarana prasarana sekolah yang memadai; dan (7) kondisi organisasional sekolah yang jelas. Faktor penghambat dalam pengelolaan yaitu (1) guru yang kurang memerhatikan kebutuhan peserta didik; dan (2) perilaku peserta didik yang berbuat lamban saat mengerjakan tugas di kelas. Saran penelitian ini bagi guru diharapkan bisa lebihXvariatif dalam melaksanakan pembelajaran. Bagi sekolah hendaknya memerhatikan hal-halXapa saja yang dapat memengaruhi proses pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai landasanxuntuk penelitian berikutnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas, Kemampuan Guru, Pembelajaran Tematik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Dec 2020 08:13
Last Modified: 30 Dec 2020 08:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42601

Actions (login required)

View Item View Item