Efektivitas CD Interaktif sebagai Media Pembelajaran Kimia Pokok Bahasan Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Sederhana Kelas X Semester I SMA Teuku Umar Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006.


YUNI RAHMAWATI , 4314000042 (2006) Efektivitas CD Interaktif sebagai Media Pembelajaran Kimia Pokok Bahasan Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Sederhana Kelas X Semester I SMA Teuku Umar Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas CD Interaktif sebagai Media Pembelajaran Kimia Pokok Bahasan Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Sederhana Kelas X Semester I SMA Teuku Umar Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006.]
Preview
PDF (Efektivitas CD Interaktif sebagai Media Pembelajaran Kimia Pokok Bahasan Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Sederhana Kelas X Semester I SMA Teuku Umar Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006.) - Published Version
Download (26kB) | Preview

Abstract

Yuni Rahmawati. 2006. Efektivitas CD Interaktif sebagai Media Pembelajaran Kimia Pokok Bahasan Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Sederhana Kelas X Semester I SMA Teuku Umar Semarang Tahun Pelajaran 2005/2006. Pendidikan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I, Drs. Ersanghono Kusumo, M. S., Pembimbing II, Drs. Kasmui, M. Si Kata Kunci: Efektivitas, CD Interaktif, Media Pembelajaran Keberhasilan pendidikan salah satunya ditunjukkan dengan semakin meningkatnya prestasi belajar anak didik. Faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar siswa antara lain adalah media yang digunakan dalam pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi, perpaduan komputer dan kepingan CD dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien dalam bentuk CD pembelajaran interaktif. Apalagi di hampir setiap sekolah sudah mempunyai komputer yang jumlahnya cukup memadai untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta siswa yang mempunyai keterampilan memadai juga untuk mengoperasikan komputer. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang keefektifan CD interaktif sebagai media pembelajaran kimia pokok bahasan tata nama senyawa dan persamaan reaksi sederhana siswa kelas X semester I SMA Teuku Umar Semarang tahun pelajaran 2005/2006. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X di SMA Teuku Umar Semarang yang terdiri dari lima kelas. Sebagai sampel diambil dua kelas, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Dalam penelitian ini sebagai variabel bebasnya adalah CD interaktif sebagai media pembelajaran, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil pembelajaran kimia pokok bahasan tata nama senyawa dan persamaan reaksi sederhana. Alat pengumpul data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Metode observasi dilakukan untuk mendapatkan gambaran pengajaran kimia oleh guru mata pelajaran serta bagaimana pemanfaatan komputer sebagai sarana penunjang dalam proses belajar mengajar. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data awal dari populasi penelitian, berupa data nilai ulangan harian. Metode tes digunakan untuk mendapatkan data hasil pembelajaran dari siswa kelompok eksperimen dan siswa kelompok kontrol. Menurut Mulyasa (2003:99) pembelajaran dikatakan efektif jika memenuhi syarat ketuntasan belajar, yaitu jika peserta didik mampu menyelesaikan, menguasai kompetensi atau mencapai tujuan pembelajaran minimal 65% dari seluruh tujuan pembelajaran. Sedangkan keberhasilan kelas dilihat dari jumlah peserta didik yang mampu menyelesaikan atau mencapai minimal 65% sekurang-kurangnya 85% dari jumlah peserta didik yang ada di kelas tersebut. Kaidah yang digunakan untuk menguji keefektifan pembelajaran dengan CD interaktif ini adalah Ho ditolak apabila thitung>t(1-α)(ni-1). Dari perhitungan diperoleh harga t adalah 3,171 dan harga t dari tabel adalah 1,70. Karena t berada pada daerah penolakan Ho, maka dapat disimpulkan bahwa CD interaktif efektif sebagai media pembelajaran kimia pokok bahasan tata nama senyawa dan persamaan reaksi sederhana. Dengan adanya informasi ini, maka perlu dipertimbangkan bagi guru dan sekolah untuk menggunakan CD interaktif sebagai media pembelajaran sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, CD Interaktif, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 Sep 2011 03:12
Last Modified: 21 Sep 2011 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4260

Actions (login required)

View Item View Item