PENANGANAN HAMBATAN PERILAKU ANAK AUTIS MELALUI RHYTHM THERAPY DI GILANG RAMADHAN STUDIO BAND SEMARANG


Indrianna Dyah Pamarti Ningrum, 2501416145 (2020) PENANGANAN HAMBATAN PERILAKU ANAK AUTIS MELALUI RHYTHM THERAPY DI GILANG RAMADHAN STUDIO BAND SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENANGANAN HAMBATAN PERILAKU ANAK AUTIS MELALUI RHYTHM THERAPY DI GILANG RAMADHAN STUDIO BAND SEMARANG]
Preview
PDF (PENANGANAN HAMBATAN PERILAKU ANAK AUTIS MELALUI RHYTHM THERAPY DI GILANG RAMADHAN STUDIO BAND SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Autisme merupakan gangguan perkembangan yang terjadi karena adanya kelainan syaraf-syaraf tertentu yang menyebabkan fungsi otak bekerja secara tidak normal. Sehingga hal ini berdampak pada tumbuh kembang anak, kemampuan berkomunikasi, kemampuan berinteraksi dan berimajinasi. Upaya yang dapat dilakukan untuk menangani masalah hambatan perilaku pada anak autis salah satunya adalah dengan musik terapi. Di Gilang Ramadhan Studio Band Semarang ada sebuah kurikulum pembelajaran khusus untuk menangani masalah hambatan perilaku yang terjadi pada anak autisme. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mendeskripsikan tentang proses penanganan hambatan oerilaku anak autis melalui rhythm therapy di Gilang Ramadhan Studio Band (GRSB) Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga cara. Pertama membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara. Kedua, membandingkan hasil wawancara dengan apa yang dilaksanakan pada saat pengamatan proses penelitian. Ketiga, membandingkan hasil wawancara dengan isi dokumen. Gilang Ramadhan Studio Band (GRSB) Semarang menggunakan metode Rhythm Therapy dalam proses pembelajarannya untuk memperbaiki respon sosial pada anak berkebutuhan khusus. Materi Rhythm Therapy yang sering digunakan adalah materi 4 beat, 3 beat, 8 beat, 8 beat funk dan Half Time Rock. Proses pembelajarannya terdiri dari 3 bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian inti dan bagian penutup. Pada bagian pendahuluan instruktur akan memperhatikan sikap duduk siswa, latihan membaca notasi, mengaplikasikan notasi yang dibaca, menirukan instruktur, lalu instruktur akan memberikan variasi pukulan untuk kemudian dicontoh oleh siswa. Pada bagian inti pembelajaran, instruktur akan mengulas materi sebelumnya, setelah itu siswa akan diberikan lagu bertempo lambat untuk mengplikasikan pukulan yang sudah dipelajari, instruktur akan melihat respon eskpresifnya lewat permainan volume musik yang diputar. Sedangkan pada bagian penutup, instruktur mengulas semua materi dari awal dan mengaplikasikannya ke sebuah lagu. Tujuan penggunaan metode ini adalah: 1) Meningkatkan atensi dan konsentrasi; 2) Meningkatkan memori dan kemampuan perseptualnya; 3) Meningkatkan koordinasi gerak dan kekuatan otot; 4) Meningkatkan rasa percaya diri; 5) Mengontrol emosi; 6) Melatih kepatuhan; 7) Melatih kemampuan ekspresif; 8) Melatih untuk berinisiasi gerak dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Rhythm Therapy di Gilang Ramadhan Studio Band (GRSB) Semarang bisa digunakan untuk mengatasi siswa yang mengalami hambatan sosial (autism). Keberhasilan metode ini dibuktikan dengan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan orang asing yang baru ditemui. Durasi tingkat konsesntrasi dalam belajar juga mengalami peningkatan. Dari yang semula hanya bisa berkonsentrasi selama 1-2 menit saja, sekarang bisa berkonsentrasi dalam waktu 3-4 menit. Selain itu rasa percaya diri siswa juga mengalami peningkatan ditandai dengan adanya usaha untuk meminta kepada instrukturnya untuk memainkan sebuah lagu yang dia pilih sendiri. Pengendalian emosi yang cukup baik juga mulai terlihat ditandai dengan stabilnya pola permainan dengan tempo lagu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penanganan Hambatan Perilaku; Autisme; Rhythm Therapy
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 Dec 2020 07:02
Last Modified: 30 Dec 2020 07:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42592

Actions (login required)

View Item View Item