PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK PALEBON SEMARANG


Berni Dwi Wibisono, 7101416154 (2020) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK PALEBON SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK PALEBON SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK PALEBON SEMARANG)
Download (757kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Wibisono, Berni Dwi. 2020. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SMK Palebon Semarang”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Fahrur Rozi, S. Pd., M. Pd., Ph. D. 270 halaman. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Guru Kinerja guru merupakan suatu kegiatan yang ditunjukkan oleh seorang guru dalam melaksanakan pekerjaannya. Permasalahan dalam kinerja guru yaitu guru baru yang bukan dari kependidikan, nilai ujian nasional yang setiap tahun selalu menurun serta guru yang tidak mengajar sesuai bidangnya. Dalam penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi kinerja guru adalah kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, motivasi kerja dan disiplin kerja. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMK Palebon Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah 43 guru di SMK Palebon Semarang. Penelitian ini adalah penelitian populasi, yang berarti menggunakan seluruh jumlah guru di SMK Palebon Semarang. Metode dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda dengan melakukan penyebaran angket Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam kategori baik, lingkungan kerja dalam kategori baik, motivasi kerja dalam kategori baik dan disiplin kerja dalam kategori baik. Hasil penelitian secara statistik menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru secara bersama-sama sebesar F 41,636 dan sig (0,000 < 0,05). Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien -0,365 dan sig (0,021 < 0,05). Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien 0,379 dan sig (0,016 < 0,05). Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien 0,571 dan sig (0,000 < 0,05). Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien 0,701 dan sig (0,000 < 0,05). Simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kinerja guru di SMK Palebon Semarang dapat dicapai dengan meningkatkan lingkungan kerja, motivasi kerja dan disiplin kerja guru. Saran dari penelitian ini adalah (1) kepala sekolah hendaknya memberikan pengembangan intelektual dan perhatian pribadi kepada guru; (2) memberikan tirai pada jendela dan memperbarui warna cat dinding; (3) memberikan penghargaan atas prestasi kerja yang telah dicapai oleh guru; (4) perlu adanya sanksi tegas terhadap kedisiplinan guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > teacher competence
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > school environment
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 30 Dec 2020 04:20
Last Modified: 30 Dec 2020 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42591

Actions (login required)

View Item View Item