UPAYA PELESTARIAN PERTUNJUKAN KUDA LUMPING PADA PAGUYUBAN PUTRA KENDALISODO KABUPATEN SEMARANG


Vina Nur Oktaviani, 2501416002 (2020) UPAYA PELESTARIAN PERTUNJUKAN KUDA LUMPING PADA PAGUYUBAN PUTRA KENDALISODO KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of UPAYA PELESTARIAN PERTUNJUKAN KUDA LUMPING PADA PAGUYUBAN PUTRA KENDALISODO KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (UPAYA PELESTARIAN PERTUNJUKAN KUDA LUMPING PADA PAGUYUBAN PUTRA KENDALISODO KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelestarian pertunjukan kuda lumping perlu dilakukan agar warisan budaya tidak tenggelam oleh modernisasi masa kini. Masalah yang dikaji dalam penelitian dengan judul upaya pelestarian pertunjukan kuda lumping pada Paguyuban Putra Kendalisodo Kabupaten Semarang adalah, bagaimana upaya pelestarian pertunjukan kuda lumping, serta bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat upaya pelestarian kuda lumping pada Paguyuban Putra kendalisodo Kabupaten Semarang. Penelitian menggunakan metode kualitatif, serta pendekatan etnokoreologi dan etik emik. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Teknik analisis dilakukan sengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan Upaya pelestarian pertunjukan kuda lumping pada Paguyuban Putra Kendalisodo dilakukan dengan 3 cara, yaitu perlindungan, pemanfaatan, dan pengembangan. Upaya perlindungan dilakukan dengan melakukan pelatihan tari kepada anak-anak sekitar paguyuban dan membentuk regenerasi penari, upaya pemanfaatan dengan cara mengadakan pertunjukan di berbagai acara dan kegiatan, upaya pengembangan dilakukan dengan cara pengembangan tata rias busana, gerak, properti, dan iringan. Faktor pendukung terdiri dari keterlibatan anggota dalam pelestarian, dan antusiasme masyarakat. Faktor penghambat terdiri dari tempat latihan yang kurang representatif, kesibukan dan pekerjaan anggota paguyuban, serta masalah pribadi antar anggota paguyuban.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kuda lumping, pertunjukan, upaya pelestarian
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 Dec 2020 03:57
Last Modified: 30 Dec 2020 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42586

Actions (login required)

View Item View Item