PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI MA NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG DEMAK


Muhamad Syahrul Apriliyanto, 7101416124 (2020) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI MA NAHDLATUSY SYUBBAN SAYUNG DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Muhamad Syahrul Apriliyanto.pdf]
Preview
PDF
Download (649kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Apriliyanto, Muhamad Syahrul. 2020. Pengaruh Metode Pembelajaran, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa MA Nahdlatusy Syubban. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Widiyanto, MBA., M.M. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar Ekonomi. Berdasarkan data sekunder penelitian, nilai hasil ujian nasional mata pelajaran ekonomi didapati bahwa hasil belajar ekonomi MA Nahdlatusy Syubban masih dibawah standar minimal yang ditetapkan. Prestasi belajar siswa di pengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, seperti metode pembelajaran, kondisi sosial ekonomi, dan fasilitas belajar. Sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mencari tahu adakah pengaruh metode pembelajaran, kondisi sosial ekonomi orang tua, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa MA Nahdlatusy Syubban, baik secara parsial maupun secara simultan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MA Nahdaltusy Syubban sebanyak 63 siswa. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) tidak ada pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. (2) ada pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. (3) ada pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dan fasilitas belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar ekonomi, sedangkan kondisi sosial ekonomi orang tua hanya berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar ekonomi. Saran yang dapat diberikan sebaiknya orangtua terus memberikan dukungan baik secara material atau non material, selain itu guru juga terus meningkatkan fasilitas belajar siswa agar dapat mencapai prestasi belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar Ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 30 Dec 2020 03:59
Last Modified: 30 Dec 2020 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42585

Actions (login required)

View Item View Item