PENGARUH GAYA HIDUP, TEMAN SEBAYA, DAN FINANCIAL LITERACY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2017


Chendy Dewianti Khabiba, 7101416067 (2020) PENGARUH GAYA HIDUP, TEMAN SEBAYA, DAN FINANCIAL LITERACY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH GAYA HIDUP, TEMAN SEBAYA, DAN FINANCIAL LITERACY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG  ANGKATAN 2017]
Preview
PDF (PENGARUH GAYA HIDUP, TEMAN SEBAYA, DAN FINANCIAL LITERACY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2017)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Khabiba, Chendy Dewianti. 2020. “ Pengaruh Gaya Hidup, Teman Sebaya, Dan Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2017”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Jarot Tri Bowo S., S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Gaya Hidup, Teman Sebaya, Financial Literacy, Perilaku Konsumtif Perilaku konsumtif merupakan suatu perilaku seseorang dalam melakukan konsumsi yang sifatnya menghamburkan atau berlebihan. Perilaku konsumtif juga menggambarkan adanya pola hidup manusia yang dikendalikan dan didorong oleh suatu keinginan untuk memenuhi hasrat keinginan kesenangan semata-mata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, teman sebaya dan financial literacy terhadap perilaku konsumtif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 64 mahasiswa pendidikan ekonomi akuntansi Universitas Negeri Semarang angkatan 2017 yang seluruhnya dijadikan unit analisis. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa perilaku konsumtif, gaya hidup, teman sebaya dan financial literacy berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh gaya hidup, teman sebaya dan financial literacy terhadap perilaku konsumtif. Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Financial literacy tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat dikatakan bahwa gaya hidup, teman sebaya dan financial literacy berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Gaya hidup dan teman sebaya berpengaruh positif signifikan, sedangkan financial literacy tidak berpengaruh. Saran dari penelitian ini adalah mahasiswa diharapkan mampu mengontrol gaya hidupnya yang tinggi dan tidak mudah terpengaruh oleh ajakan teman untuk berbelanja. Melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dengan baik belajar mengatur keuangan dalam memenuhi kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Gaya Hidup, Teman Sebaya, Financial Literacy, Perilaku Konsumtif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 30 Dec 2020 03:38
Last Modified: 30 Dec 2020 03:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42579

Actions (login required)

View Item View Item