Mendiagnosis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Berdasarkan Hasil Ujian Akhir Sekolah Tahun Pelajaran 2004/2005 Se Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang.


Hijrah Filjanah , 4201401042 (2006) Mendiagnosis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Berdasarkan Hasil Ujian Akhir Sekolah Tahun Pelajaran 2004/2005 Se Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Mendiagnosis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Berdasarkan Hasil Ujian Akhir Sekolah Tahun Pelajaran 2004/2005 Se Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang.]
Preview
PDF (Mendiagnosis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Berdasarkan Hasil Ujian Akhir Sekolah Tahun Pelajaran 2004/2005 Se Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang.) - Published Version
Download (17kB) | Preview

Abstract

Hijrah Filjanah. 2006. Mendiagnosis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Berdasarkan Hasil Ujian Akhir Sekolah Tahun Pelajaran 2004/2005 Se Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang. Skripsi. Fisika. FMIPA. UNNES. Kata kunci : Diagnosis, Kesulitan Belajar IPA Setiap anak atau siswa memiliki perbedaan, baik pada aspek fisik, emosional, intelektual, ataupun sosial, oleh sebab itu prestasi belajar yang dicapai berbeda pula. Anak menunjukkan prestasi belajar rendah dan menyimpang dari rata-rata biasanya dianggap sebagai anak yang mengalami kesulitan belajar. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa dapat diketahui dengan melakukan pendiagnosisan kesulitan belajar, sehingga memudahkan cara untuk mengatasinya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Sumber kesulitan apa saja yang dialami siswa ketika belajar IPA?, (2) Bagaimana hasil belajar IPA siswa SD per pokok bahasan Fisika berdasarkan hasil ujian akhir sekolah tahun pelajaran 2004/2005, (3) Mengetahui karakteristik soal ujian akhir sekolah IPA SD tahun pelajaran 2004/2005. Populasi dalam penelitian ini adalah hasil pekerjaan ujian akhir sekolah IPA (Fisika) siswa SD tahun pelajaran 2004/2005 se Kecamatan Gajah Mungkur Kota Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik sampel wilayah yang ditunjuk per kelurahan, sedangkan pengambilan kelas dari tiap sekolah ditentukan dengan tekhnik sampel random. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis untuk mengetahui taraf kesukaran, daya pembeda, validitas butir soal dan reliabilitas tes. Analisis persentase pencapaian ketuntasan siswa untuk mengetahui letak kelemahan dan kekuatan siswa pada pokok bahasan atau materi mata pelajaran Fisika. Untuk menganalisis persentase skor digunakan tiga pendekatan diagnostik yaitu pendekatan tujuan pengajaran, pendekatan profil materi, dan pendekatan pengetahuan terstruktur dengan menggunakan Penilaian Acuan Patokan (PAP) dan Penilaian Acuan Norma (PAN). Analisis hasil belajar IPA (Fisika) siswa SD dari ketiga pendekatan diagnostik yang digunakan, secara umum ketuntasannya di atas 70 %. Hasil belajar siswa tuntas pada indikator 1, 2, 4, 5, 6, 7, 8, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18, 21, 39 yaitu pada materi: Air, Batuan, Tanah, Udara dan Angin, Sumber Daya Alam, Cahaya dan Alat-alat Optik, Gaya dan Pesawat Sederhana, Energi, Panas, Magnet, Listrik, dan Tata Surya. Belum tuntas di indikator 3, 9, 16, 19, 20, 36, 37, 38 yaitu pada materi Batuan, Bunyi, Panas, Tanah, Cahaya dan alat-alat Optik, Listrik, dan Tata surya. Rata-rata persentase jumlah soal valid 53 % dan tidak valid 47 %. Reliabilitas tes untuk SDN Petompon 05 , SDN Bendungan 02 dan SDN Lempongsari 01 tergolong reliabel, harga r> r tabel. Sedangkan untuk SDN Bendan Ngisor 02, SDN Sampangan 01, SDN Gajah Mungkur 05, dan SDN Karangrejo 01 tes tidak reliabel, harga rii< r tabel. Rata-rata persentase taraf kesukaran kategori sangat mudah 6 %, mudah 60 %, sedang 28 %, dan sukar 6 %. Rata-rata persentase daya pembeda soal, kriteria sangat jelek 14 %, jelek 59 %, cukup 24 %, baik 3 %. Siswa SDN Bendungan 02, SDN Bendan Ngisor 02, SDN Sampangan 01, dan SDN Gajah Mungkur 05 memiliki lebih banyak kelemahan pada materi yang ada dibandingkan dengan siswa SD lainnya. ii

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Diagnosis, Kesulitan Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 Sep 2011 03:06
Last Modified: 21 Sep 2011 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4257

Actions (login required)

View Item View Item