PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN EQUITY SENSITIVITY TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA


Afrida Lestari, 7101416027 (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN EQUITY SENSITIVITY TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL,  KECERDASAN SPIRITUAL DAN EQUITY SENSITIVITY  TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA]
Preview
PDF (PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN EQUITY SENSITIVITY TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Lestari, Afrida. 2020. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Equity Sensitivity Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Drs. Fachrurrozie, M.Si. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Equity Sensitivity, Perilaku Etis Mahasiswa Seorang pendidik berperilaku sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku sangatlah penting baik dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat. Namun, tidak semuanya calon pendidik menerapkan etika dan berperilaku sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual dan equity sensitivity terhadap perilaku etis mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain hypothesis testing study. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi akuntansi angkatan 2017, 2018 dan 2019 sebanyak 328 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling. Jumlah sampel dihitung dengan menggunakan rumus Slovin sejumlah 181 Mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan emosional berada dalam kategori sangat tinggi, kecerdasan intelektual dalam kategori tinggi, kecerdasan spiritual dalam kategori sangat tinggi dan equity sensitivity dalam kategori tinggi. Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh positif terhadap perilaku etis mahasiswa. Kecerdasan intelektual dan equity sensitivity tidak mempengaruhi perilaku etis mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Equity Sensitivity, Perilaku Etis Mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotional Intelligence
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 30 Dec 2020 02:47
Last Modified: 30 Dec 2020 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42569

Actions (login required)

View Item View Item