PENGARUH SELF EFFICACY DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PENERAPAN TPACK PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN ADVERSITY QUOTIENT SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi pada Guru SMK Akuntansi se-Kota Semarang)


Adelina Astutik, 7101416257 (2020) PENGARUH SELF EFFICACY DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PENERAPAN TPACK PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN ADVERSITY QUOTIENT SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi pada Guru SMK Akuntansi se-Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SELF EFFICACY DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PENERAPAN TPACK PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN ADVERSITY QUOTIENT SEBAGAI VARIABEL MODERATING  (Studi pada Guru SMK Akuntansi se-Kota Semarang)]
Preview
PDF (PENGARUH SELF EFFICACY DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PENERAPAN TPACK PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN ADVERSITY QUOTIENT SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi pada Guru SMK Akuntansi se-Kota Semarang)) - Submitted Version
Download (834kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Astutik, Adelina. 2020. “Pengaruh Self Efficacy dan Lingkungan Kerja terhadap Penerapan TPACK pada Pembelajaran Akuntansi dengan Adversity Quotient sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus pada Guru SMK Akuntansi se-Kota Semarang)”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Kardiyem, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Penerapan TPACK, Self Efficacy, Lingkungan Kerja, Aqversity Quotient TPACK merupakan kerangka kerja yang diperlukan guru untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik konten/materi dan pedagogi. Fenomena yang terjadi dalam sekolah adalah belum optimalnya penguasaan materi dan literasi terhadap teknologi yang dimiliki oleh guru. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh self efficacy dan lingkungan kerja terhadap penerapan TPACK yang dilakukan oleh guru akuntansi pada pembelajarannya. Selain itu penelitian ini juga dilakukan untuk menguji peran variabel adversity quotient dalam memoderasi pengaruh self efficacy dan lingkungan kerja terhadap penerapan TPACK pada pembelajaran akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah Guru SMK Akuntansi se-Kota Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh dengan jumlah seluruh respondennya adalah 77 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi dengan uji selisih mutlak. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penerapan TPACK berada dalam kategori tinggi. Self efficacy berada dalam kategori tinggi, lingkungan kerja berada dalam kategori baik, dan adversity quotient berada dalam kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa self efficacy dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan TPACK pada pembelajaran akuntansi. Adversity quotient memperkuat pengaruh self efficacy terhadap penerapan TPACK pada pembelajaran akuntansi dan tidak memperkuat pengaruh lingkungan kerja terhadap penerapan TPACK pada pembelajaran akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan TPACK pada pembelajaran akuntansi dipengaruhi oleh self efficacy dan lingkungan kerja. Adversity quotient sebagai variabel moderasi hanya mampu memperkuat pengaruh self efficacy terhadap penerapan TPACK. Peneliti menyarankan agar guru akuntansi mengikuti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan agar bisa menerapkan TPACK dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan TPACK, Self Efficacy, Lingkungan Kerja, Aqversity Quotient
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 30 Dec 2020 02:32
Last Modified: 30 Dec 2020 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42564

Actions (login required)

View Item View Item