STRATEGI STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) PADA PEMBELAJARAN VOKAL ANAK USIA 5-7 TAHUN DI STARMOON MUSIC SCHOOL SEMARANG


Arum Dwi Pertiwi, 2501414128 (2020) STRATEGI STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) PADA PEMBELAJARAN VOKAL ANAK USIA 5-7 TAHUN DI STARMOON MUSIC SCHOOL SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of STRATEGI STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) PADA PEMBELAJARAN VOKAL ANAK USIA 5-7 TAHUN DI STARMOON MUSIC SCHOOL SEMARANG]
Preview
PDF (STRATEGI STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) PADA PEMBELAJARAN VOKAL ANAK USIA 5-7 TAHUN DI STARMOON MUSIC SCHOOL SEMARANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran vokal di Starmoon Music School Semarang terdapat beberapa kategori dari anak usiapra sekolah hingga kategori dewasa. Namun dalam usia Pra Sekolah merupakan usia anak dalam tingkat kecerdasan yang optimal. Dalam peroses pembelajaran di Starmoon Music School Semarang itu sendiri menggunakan kurikulum ABRSM, hal tersebut semakin menarik untuk dilakukan penelitian terkait strategi pendekatan dalam proses pembelajaran vokal pada anak usia Pra Sekolah 5-7 tahun di Starmoon Music School. Selain itu banyak siswa yang meraih prestasi kejuaraan dalam berbagai perlombaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kualitatif yaitu menguraikan dan menggambarkan hal-hal yang berhubungan dengan suatu keadaan dalam sebuah penelitian melalui uraian kata-kata. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik atau jenis penelitian kualitatif observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data yang diperoleh dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi atau kesimpulan. Berdasarkan dari hasil dan pembahasan startegi student cenetered learning (SCL) pada pembelajaran anak usia prasekolah 5-7 tahun di Starmoon Music Schooldalam praktiknya materi yang digunakan tidak selalu sama persis melainkan untuk nada dasarnya selalu mengikuti jangkauan nada siswa, dengan dengan strategi pendekatan tersebut mempermudah proses pembelajaran ataupun perkembangan anak dalam bernyanyi dengan teknik pernafasan,intonasi, artikulasi, sikap tubuh, resonansi, vibrato, dan penjiwaan. Proses pembelajaran dilakukan menggunakan kurikulum ABRSM dan materi ujiannnya daari buku ABRSM namun dalam proses pembelajaran rutin coach menggunakan strategi pendekatan siswa (SCL) dengan berinisiatif memberikan materi lagu anak. Pada hasil pengamatan, kemampuan peserta didik mengalami perkembangan dan kemajuan yaitu peserta didik semakin memiliki sikap tubuh yang baik, kepercayaan diri yang lebih dalam teknik penjiwaan sehingga lebih relax dalam mengeluarkan produksi suaranya meski belum maksimal dalam penggunaan tekniknya, hal tersebut menunjang prestasi yang diraih oleh murid dalam setiap perlombaan yang diikuti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: PEMBELAJARAN VOKAL
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 Dec 2020 02:17
Last Modified: 30 Dec 2020 02:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42562

Actions (login required)

View Item View Item