PENGARUH SARANA DAN PRASARANA, IKLIM KERJA, DAN KOMPENSASI GURU TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI SMK PALEBON SEMARANG


Maulida Ilhamna, 7101416178 (2020) PENGARUH SARANA DAN PRASARANA, IKLIM KERJA, DAN KOMPENSASI GURU TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI SMK PALEBON SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SARANA DAN PRASARANA, IKLIM KERJA, DAN KOMPENSASI GURU TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI SMK PALEBON SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH SARANA DAN PRASARANA, IKLIM KERJA, DAN KOMPENSASI GURU TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI SMK PALEBON SEMARANG) - Submitted Version
Download (861kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ilhamna, Maulida. 2020. “Pengaruh Sarana Prasarana, Iklim Kerja, dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru melalui Motivasi Kerja sebagai Variabel Mediasi di SMK Palebon Semarang”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Hengky Pramusinto, S.Pd., M.Pd. 258 Halaman Kata Kunci : Sarana Prasarana, Iklim Kerja, Kompensasi, Kinerja Guru, Motivasi Kerja. Guru merupakan sumber daya manusia yang menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan yang harus mendapat perhatian utama, karena guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan, khususnya diselenggarakan secara formal di sekolah. Pembangunan pendidikan dipengaruhi oleh kinerja guru yang berperan penting dalam upaya pencapaian tujuan organisasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengungkap adakah pengaruh sarana prasarana, iklim kerja, dan kompensasi terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMK Palebon Semarang yang berjumlah 42 orang. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 42 guru SMK Palebon. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dan analisis deskriptif persentase dengan bantuan program IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana prasarana berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 0,49%, iklim kerja berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 74,3%, kompensasi tidak berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar -6,86%, motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 0,53%, dan sarana prasarana, iklim kerja, kompensasi, dan motivasi kerja berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru sebesar 76%. Sementara itu sarana prasarana berpengaruh terhadap motivasi kerja sebesar 9,18%, iklime kerja berperngaruh terhadap motivasi kerja sebesar 24,60%, dan kompensasi tidak berpengaruh terhadap motivasi kerja sebesar -0,23 dan pengaruh secara simultan dari ketiga variabel terhadap motivasi kerja sebesar 60,6%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat dua hipotesis yang diterima dan depalan yang ditolak. Saran dari penelitian ini adalah memperbaiki dan memperhatikan sarana prasarana sekolah untuk penunjang pembelajaran. Meningkatkan komunikasi antara pihak guru dengan yang lainnya danmemperhatikan kompensasi yang sesuai dengan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sarana Prasarana, Iklim Kerja, Kompensasi, Kinerja Guru, Motivasi Kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > teacher competence
L Education > L Education (General) > Performance of Teachers
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 30 Dec 2020 01:58
Last Modified: 30 Dec 2020 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42555

Actions (login required)

View Item View Item