PERANCANGAN VIDEO PROMOSI AKSESORIS BERBAHAN KULIT TANIN NABATI “LETHERKON” DI YOGYAKARTA
R Mochammad Rayhan Renoansi, 2411415079 (2020) PERANCANGAN VIDEO PROMOSI AKSESORIS BERBAHAN KULIT TANIN NABATI “LETHERKON” DI YOGYAKARTA. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PERANCANGAN VIDEO PROMOSI AKSESORIS BERBAHAN KULIT TANIN NABATI “LETHERKON” DI YOGYAKARTA)
- Published Version
Download (7MB) | Preview |
Abstract
Media promosi merupakan sebuah sarana untuk menyebarkan informasi serta mempengaruhi dan membujuk suatu target pasar untuk kepentingan suatu produk. Letherkon merupakan sebuah usaha yang menjual produk aksesoris seperti dompet, lanyard, dan cardcase, yang berdiri di Yogyakarta pada tahun 2018. Letherkon menggunakan kulit tanin nabati dalam produk-produknya karena kulit nabati termasuk golongan kulit yang kuat, kualitas baik dan juga harga yang relatif terjangkau. Tujuan dari proyek studi ini adalah menghasilkan rancangan iklan komersial berupa video promosi untuk produk Letherkon di sosial media. Video promosi ini berfungsi sebagai informasi atau pesan tentang produk Letherkon dan membangun opini masyarakat bahwa produk tersebut produk handmade yang berkualitas maka bisa membangun image kepada audience bahwa Letherkon adalah sebuah brand yang berkualitas dan memiliki produk yang begitu terasa premium dan exclusive untuk menambah gaya berfasyen para konsumen pria dan juga untuk memenuhi kebutuhan cashless lifestyle. Perancangan video promosi ini sesuai melalui beberapa proses, dengan urutan proses pra-produksi, produksi dan pasca produksi. Pada video pertama yang berdurasi 1 menit 53 detik memiliki 2 sequence sedangkan pada video promosi kedua yang berdurasi 1 menit 35 detik memiliki 3 sequence. Aspek teknik, aspek estetis dan aspek komunikasi menjadi cakupan untuk menganalisis video promosi ini. Pada kedua video promosi ini menggunakan teknik pengambilan gambar seperti extreme close up, close up, medium close up, medium shot, dengan sudut pandang wajar serta penggambaran naturalis, yang mendominasi dalam setiap sequence maupun scene. Strategi selanjutnya adalah menggunakan strategi promosi penjualan yakni dengan mempublikasi dan mempromosikan video promosi ini secara online melalui media sosial yaitu Instagram dan Youtube. Dengan adanya perancangan video promosi ini, diharapkan dapat digunakan sebagai nilai tambah dari Letherkon serta mampu memberikan informasi serta mempersuasi masyarakat di Yogyakarta dan Jakarta agar lebih dikenal oleh masyarakat dan juga mendapatkan konsumen baru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perancangan, Video, Media Promosi, Kulit, Letherkon |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Dec 2020 00:59 |
Last Modified: | 30 Dec 2020 00:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42552 |
Actions (login required)
View Item |