PENGARUH KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP MANFAAT BERSIH SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN ( STUDI KASUS: DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG)


Ferry Naufal Farras, 7101416030 (2020) PENGARUH KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP MANFAAT BERSIH SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN ( STUDI KASUS: DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP MANFAAT BERSIH SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN ( STUDI KASUS: DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG)]
Preview
PDF (PENGARUH KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP MANFAAT BERSIH SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN ( STUDI KASUS: DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG)) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Farras, Ferry Naufal. 2020. “Pengaruh Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Manfaat Bersih pada Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dengan Menggunakan Model Delone and Mclean (Studi Kasus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang)”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing. Agung Kuswantoro, S.Pd., M.Pd. Halaman 221. Kata Kunci: Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Manfaat Bersih Manfaat bersih berdasarkan website lapor.go.id menunjukkan bahwa masyarakat mengeluh atas lamanya penerbitan data kependudukan seperti KTP, KK, akta, dll, yang tidak sesuai dengan kesepakatan di awal dengan pegawai. Hal ini menunjukkan bahwa penerbitan data kependudukan yang dilakukan pegawai melalui aplikasi SIAK belum maksimal dan perlu ditingkatkan lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap manfaat bersih pada Sistem Informasi Adminsitrasi Kependudukan (SIAK) dengan menggunakan model DeLone and McLean (Studi Kasus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang). Populasi dalam penelitian ini adalah 120 pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 92 pegawai. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linear berganda dan analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda adalah MB = 1,919 + 0,274 KS + 0,378 KI + e. Hasil menunjukkan bahwa kualitas sistem dan kualitas informasi berpengaruh positif secara simultan terhadap manfaat bersih SIAK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang sebesar 50,9% dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan secara parsial untuk kualitas sistem berpengaruh terhadap manfaat bersih sebesar 36,9% dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan kualitas informasi berpengaruh sebesar 44,3% dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap manfaat bersih pada Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Saran dalam penelitian ini yaitu: 1) Software dan hardware selalu diupdate dan ditingkatkan, 2) Pegawai bagian Teknologi Informasi (IT) juga perlu mengadakan kontrol dan penanganan untuk pemakaian jaringan internet khususnya saat jaringan internet mengalami masalah, 3) Setiap pegawai yang ditugaskan sebagai operator SIAK juga perlu diadakan bimbingan teknis, 4) Pegawai Dispendukcapil Kota Semarang agar selalu mengupdate informasi yang akan dimuat yang akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan data kependudukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Manfaat Bersih
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 29 Dec 2020 08:00
Last Modified: 29 Dec 2020 08:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42542

Actions (login required)

View Item View Item