PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN PAK BO TANG UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS
Rafi Bagus Daffa, 6102416031 (2020) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN PAK BO TANG UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN PAK BO TANG UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS ATAS)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rafi Bagus Daffa. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Sepak Bola Melalui Permainan Pak Bo Tang Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi S1, Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing Ipang Setiawan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Pembelajaran Sepak Bola, Permainan Pak Bo Tang. Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurang berkembangnya proses pembelajaran permainan bola besar khususnya permainan sepak bola di sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan model pembelajaran sepak bola melalui permainan Pak Bo Tang untuk siswa sekolah dasar kelas atas? Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan model permainan Pak Bo Tang dalam pembelajaran sepak bola. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu dari Borg & Gall yaitu: (1) Analisa kebutuhan didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka. (2) Perencanaan untuk mengembangkan produk awal. (3) Pembuatan produk awal. (4) Uji coba kelompok kecil (10 siswa putra dan 10 siswa putri). (5) Revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli penjas dan ahli pembelajaran. (6) Uji coba kelompok besar (20 siswa putra dan 20 siswa putri), (7) Produk akhir yang dihasilkan adalah model permainan Pak Bo Tang bagi siswa sekolah dasar kelas atas. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil diperoleh data evaluasi ahli penjas dan ahli pembelajaran yaitu 87,71% (baik), dan hasil rata-rata keseluruhan respon siswa pada uji coba kelompok kecil didapat persentase sebesar 88,67% (baik). Hasil uji coba kelompok besar diperoleh data evaluasi ahli penjas dan ahli pembelajaran yaitu 93,9% (sangat baik), dan hasil rata-rata keseluruhan respon siswa pada uji coba kelompok besar didapat persentase sebesar 94,75% (sangat baik). Berdasarkan hasil pengembangan model pembelajaran tersebut, maka dapat disimpulkan : (1) Model permainan Pak Bo Tang yang telah dihasilkan dalam penelitian ini layak dan dapat digunakan bagi siswa sekolah dasar kelas atas. (2) Model permainan Pak Bo Tang dapat menjadi alternatif model pembelajaran penjasorkes yang efektif dan menyenangkan bagi siswa sekolah dasar kelas atas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pengembangan, Pembelajaran Sepak Bola, Permainan Pak Bo Tang. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > Special Education > Physical Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 29 Dec 2020 07:12 |
Last Modified: | 29 Dec 2020 07:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42528 |
Actions (login required)
View Item |