APLIKASI MEDIA SOSIALISASI KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY


Rudy Widayoko, 5302415057 (2020) APLIKASI MEDIA SOSIALISASI KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of APLIKASI MEDIA SOSIALISASI KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY JUDUL]
Preview
PDF (APLIKASI MEDIA SOSIALISASI KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY JUDUL)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Rudy Widayoko. 2020. Aplikasi Media Sosialisasi Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality. Pembimbing Anggraini Mulwinda, S.T, M.Eng. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Gempa bumi adalah getaran asli dari dalam bumi. Indonesia merupakan daerah tektonik aktif dengan tingkat kegempaan yang tinggi. Terbatasnya peringatan dini, pengetahuan, dan perilaku antisipasi gempa menyebabkan masih banyak korban akibat gempa. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan aplikasi media sosialisasi kesiapsiagaan bencana gempa bumi pada anak-anak berbasis android menggunakan augmented reality. Metode penelitian yang digunakan adalah metode engineering atau yang sering disebut dengan metode penelitian rekayasa. Langkah-langkah penelitian ini adalah Planning, Design, Construct, dan Applied. Pada pengujian aplikasi, dilakukan dengan pengujian alpha berupa functional testing (uji black box), portablity testing (uji aplikasi ke beberapa Android yang berbeda) dan pengujian beta berupa usablity testing ( uji ahli materi dan uji pengamat pengguna aplikasi ). Penelitian ini menghasilkan aplikasi Augmented Reality Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi yang berisi materi mengenai bencana gempa bumi dan AR simulasi bencana gempa bumi. Hasil pengujian alpha berupa functional testing dan portablity testing mendapatkan persentase 100%. Hasil pengujian beta berupa usability testing, uji ahli materi mendapatkan persentase 100% dan uji pengamat pengguna mendapatkan persentase 80%. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, aplikasi dapat dikategorikan “Sangat Baik” sehingga aplikasi dapat dinyatakan layak untuk digunakan. Saran yang diajukan untuk peneliti selanjutnya yaitu menambahkan materi atau simulasi mengenai bencana lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bencana, Gempa Bumi, Sosialisasi, Simulasi, Augmented Reality, Platform Android, metode engineering.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 29 Dec 2020 06:45
Last Modified: 29 Dec 2020 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42517

Actions (login required)

View Item View Item