MODEL PEMBELAJARAN KEBUGARAN JASMANI MENGGUNAKAN MEDIA RAC (REACTION, ACCURACY, COORDINATION) UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS 8


Muhammad Luthfi Fahad, 6101416118 (2020) MODEL PEMBELAJARAN KEBUGARAN JASMANI MENGGUNAKAN MEDIA RAC (REACTION, ACCURACY, COORDINATION) UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS 8. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN KEBUGARAN JASMANI MENGGUNAKAN MEDIA RAC (REACTION, ACCURACY, COORDINATION) UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS 8]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN KEBUGARAN JASMANI MENGGUNAKAN MEDIA RAC (REACTION, ACCURACY, COORDINATION) UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS 8) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Muhammad Luthfi Fahad. 2020. Model Pembelajaran Kebugaran Jasmani Menggunakan Media RAC (Reaction, Accuracy, Coordination) Untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Kelas 8. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi / S1. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : Martin Sudarmono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Media RAC, Aktivitas Kebugaran Jasmani, Pendidikan Jasmani. Pendekatan modifikasi pembelajaran penjasorkes merupakan salah satu upaya menyelesaikan permasalahan terbatasnya sarana dan prasarana pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani di sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Model Pembelajaran Kebugaran Jasmani Menggunakan Media RAC (Reaction, Accuracy, Coordination) Untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Kelas 8?”. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk menghasilkan media untuk aktivitas kebugaran jasmani di sekolah. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur penelitian sebagai berikut :1) Potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain (1 ahli penjas dan 2 ahli pembelajaran), 5) Revisi Desain, 6) Uji coba skala kecil (30 peserta didik), 7) Revisi produk, 8) Ujicoba skala besar (84 peserta didik), 9) Revisi produk, 10) Produksi masal yang menghasilkan media RAC (Reaction, Accuracy, Coordination) untuk Pendidikan Jasmani. Hasil validasi ahli produk awal penelitian didapatkan rata-rata (92.6%) sangat baik, dengan beberapa revisi seperti penampang papan pantul harus dicat untuk memaksimalkan pantulan. Kemudian produk di uji cobakan skala kecil dengan hasil rata-rata 74.72% ( baik). Setelah itu produk di revisi oleh ahli dan dinyatakan sangat dapat digunakan. Kemudian produk di uji coba skala besar dengan hasil rata-rata 96.61% (sangat baik). Berdasarkan hasil analisis penelitian, media RAC (Reaction, Accuracy, Coordination) dapat digunakan sebagai model pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani disekolah. Saran bagi guru penjas, diharapkan dapat memanfaatkan media ini untuk pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani sesuai dengan buku penggunaan media agar dapat membantu siswa untuk lebih aktif dan berantusias mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media RAC, Aktivitas Kebugaran Jasmani, Pendidikan Jasmani.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 29 Dec 2020 06:08
Last Modified: 29 Dec 2020 06:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42506

Actions (login required)

View Item View Item