PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI DASAR SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK


Hendrik Purnama, 5202416001 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI DASAR SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI DASAR SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI DASAR SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Kompetensi Dasar Sistem Pengapian Elektronik Hendrik Purnama1 dan Ahmad Roziqin2 1,2Pendidikan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Semarang [email protected] [email protected] Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android sistem pengapian elektronik pada kompetensi dasar memahami prinsip kerja sistem pengapian elektronik dan merawat berkala sistem pengapian elektronik, mengetahui kelayakan media, peningkatan pemahaman peserta didik dan tanggapan peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil uji kelayakan produk diperoleh persentase 84% untuk ahli media dan 96% untuk ahli materi, sehingga memenuhi kategori sangat layak. Untuk hasil analisis peningkatan pemahaman peserta didik menunjukan ada peningkatan pemahaman peserta didik dengan skor perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 13,57 sedangkan ttabel 2,04. Uji N-Gain diperoleh rata-rata sebesar 0,5 dengan kriteria peningkatan sedang. Analisis tanggapan peserta didik memperoleh sebesar 83,9% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Android, Sistem Pengapian Elektronik, ADDIE Abstract The purpose of this research is to develop learning media based on Android applications of electronic ignition systems on the basic competencies of understanding the working principles of electronic ignition systems and maintaining the electronic ignition system periodically, knowing the feasibility of the media, enhancing students 'understanding and students' responses to the developed media. The development model in this study uses the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Based on the results of the product feasibility test obtained a percentage of 84% for media experts and 96% for material experts, so that it meets the very feasible category. For the analysis results of increased understanding of students showed there was an increase in understanding of students with the t-test score obtained tcount of 13.57 while 2.04 ttable. N-Gain Test obtained an average of 0.5 with the criteria of moderate improvement. Analysis of student responses obtained by 83.9% with a very good category. Keywords: Android, Electronic Ignition System, ADDIE

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Android, Electronic Ignition System, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 29 Dec 2020 05:13
Last Modified: 29 Dec 2020 05:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42492

Actions (login required)

View Item View Item