PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA MATERI TRANSMISI OTOMATIS SMK BINA NUSANTARA


Afandi, 5202415021 (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA MATERI TRANSMISI OTOMATIS SMK BINA NUSANTARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA  DAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATAKAN  HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA  MATERI TRANSMISI OTOMATIS  SMK BINA NUSANTARA]
Preview
PDF (PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA MATERI TRANSMISI OTOMATIS SMK BINA NUSANTARA)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Afandi. 2020. Penerapan Pembelajaran Berbasis Multimedia dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Materi Transmisi Otomatis SMK Bina Nusantara. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Drs. Supraptono, M.Pd. Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran Materi Transmisi Otomatis di SMK Bina Nusantara masih menggunakan media tekstual dengan model ceramah, serta belum menerapkan K13. Dampaknya siswa kurang paham mengenai materi tersebut. Pendidik belum menggunakan media yang dapat memberikan gambaran lebih nyata terhadap materi dalam pembelajaran Transmisi Otomatis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) ada dan tidaknya pengaruh penerapan pembelajaran berbasis multimedia dengan pendekatan saintifik terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif, 2) seberapa besar pengaruh penerapan pembelajaran berbasis multimedia dengan pendekatan saintifik terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif. Penelitian menggunakan pendekatan eksperimen (quasi-experimental) dengan perlakuan penerapan pembelajaran berbasis multimedia dengan pendekatan saintifik pada materi sistem transmisi otomatis. Desain pada penelitian ini Matching Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Sampel penelitian yaitu kelas XI TBSM 1 sebagai kelas eksperimen, XI TBSM 2 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar (variabel terikat) dianalisis normalitas dan homogenitasnya sebagai syarat pengujian hipotesis penelitian. Adanya pengaruh diperoleh dari uji t skor posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yang memperoleh hasil thitung 5,286 lebih besar dari ttabel 2,201. Besar pengaruh diperoleh dari uji N-Gain skor pretest dan posttetst kelas eksperimen. Hasil pretest pada kelas eksperimen memperoleh skor sebesar 303 dengan mean 15,95, min 10, dan max 20. Hasil posttest kelas eksperimen 464 dengan mean 24,42, min 14, dan max 30. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen memperoleh hasil dengan rata-rata 0,602. Simpulan dari penelitian ini yaitu 1) ada pengaruh dari penerapan pembelajaran berbasis multimedia dengan pendekatan saintifik terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif, 2) besar pengaruh dilihat dari hasil uji N-Gain kelas eksperimen yang memperoleh rata-rata sebesar 0,602, artinya peningkatan dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan 1) sekolah dapat mengadakan pelatihan pembuatan multimedia pembelajaran serta pelatihan k13, 2) guru dapat menerapkan multimedia dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran 3) peneliti lain dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya. Kata Kunci: Pengaruh, Multimedia, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, Transmisi Otomatis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengaruh, Multimedia, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, Transmisi Otomatis.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 29 Dec 2020 05:01
Last Modified: 29 Dec 2020 05:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42488

Actions (login required)

View Item View Item